Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya memastikan pengasapan atau fogging di Asrama Haji Embarkasi Surabaya dilakukan secara rutin dalam seminggu sekali.

Ketua PPIH Embarkasi Surabaya Husnul Maram menginformasikan pengasapan sebelum jamaah memasuki Asrama Haji telah dilakukan pada 19 Mei 2023. 

"Kita bersihkan sarang-sarang nyamuk dan kutu di lingkungan Asrama Haji Embarkasi Surabaya, sehingga ketika jamaah datang sudah bersih. Kegiatan fogging dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan Surabaya," katanya melalui keterangan tertulis di Surabaya, Sabtu.

PPIH Embarkasi Surabaya menyatakan siap memberangkatkan sebanyak 36.938 jamaah calon haji ke Tanah Suci pada tahun 2023. 

Jamaah tersebut terdiri dari Provinsi Jawa Timur (Jatim) sebanyak 35.152 orang, Bali 896 orang dan Nusa Tenggara Timur (NTT) 668 orang. Keberangkatannya ke Tanah Suci terbagi dalam 84 kelompok terbang (kloter). Kloter 1 dijadwalkan mulai masuk Asrama Haji Embarkasi Surabaya mulai tanggal 23 Mei 2023.  

Berturut-turut 24 Mei - 7 Juni 2023 adalah jadwal keberangkatan jamaah calon haji gelombang 1 tujuan Madinah, yang selanjutnya bergerak menuju Makkah pada 2 -16 Juni 2023. 

Pemberangkatan jamaah calon haji gelombang 2 tujuan Jeddah dijadwalkan tanggal 8-22 Juni 2023. 

Husnul mengungkapkan satu minggu setelah rombongan jamaah calon haji kloter 1 datang akan kembali dilakukan pengasapan di Asrama Haji Embarkasi Surabaya. 

"Kami telah menjadwalkan fogging akan rutin dilakukan setidaknya seminggu sekali selama penyelenggaraan ibadah haji di Asrama Haji Embarkasi Surabaya," ujarnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur (Kakanwil Kemenag Jatim) itu menjelaskan pengasapan dilakukan di seluruh ruangan gedung Asrama Haji Embarkasi Surabaya, termasuk mulai dari halaman depan hingga belakang. 

"Fogging rutin seminggu sekali agar ruangan-ruangan serta halaman depan sampai belakang di Asrama Haji Embarkasi Surabaya bisa steril," katanya. 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023