Pemerintah Kota Surabaya di Provinsi Jawa Timur kembali menyelenggarakan kegiatan bakti sosial, yang mencakup pelayanan kesehatan, pemberian bantuan, hingga bazar produk hasil usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Setelah sempat terhenti selama Bulan Ramadhan, kegiatan bakti sosial kembali dilaksanakan di Gelora Pancasila, Kota Surabaya, Rabu (17/5).

"Ini baru memulai lagi. Nanti, di bulan Juni akan dilakukan di 31 kecamatan. Di sini ada pelayanan khitan, donor darah, pemeriksaan gigi, hingga pemeriksaan lab gratis," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebagaimana dikutip dalam siaran pers pemerintah kota di Surabaya, Kamis.

Dalam bakti sosial yang berlangsung di Gelora Pancasila, Wali Kota dan Ketua Tim Penggerak PKK Surabaya Rini Indriyani menyerahkan bantuan berupa satu stroller, dua kursi roda adaptif, 13 kursi roda standar, dan 10 alat bantu dengar kepada 26 penerima.

Wali Kota, yang biasa disapa Cak Eri, mengatakan bahwa selanjutnya kegiatan bakti sosial akan dilakukan di perkampungan.

"Karena kemungkinan ada yang sepuh tidak bisa ke puskesmas, maka bisa ke Balai RW. Bisa dicek kolesterol dan asam urat," katanya.

"Hari ini kita baru mulai satu wilayah dulu, di Kecamatan Wonokromo, nanti di bulan depan sudah per RW lagi. Untuk layanan yang dibuka juga sama," ia menambahkan.

Ia menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Surabaya juga menyediakan pelayanan khitan dan operasi mata gratis bagi warga dengan kartu tanda penduduk (KTP) Surabaya.

Warga yang hendak mengakses pelayanan tersebut bisa mendaftarkan diri ke kantor kelurahan dan puskesmas di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

"Karena setiap hari melakukan khitan dan operasi katarak, kriterianya khusus KTP Surabaya, karena APBD ini uangnya warga Surabaya," kata Wali Kota.

"Jadi siapa pun warga Surabaya yang putranya ingin khitan, atau ada warga yang ingin operasi katarak, maka bisa datang ke kelurahan dan puskesmas," ujarnya.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Nanik Sukristina, pelayanan kesehatan yang disediakan dalam bakti sosial di Gelora Pancasila pada Rabu (17/5) meliputi pelayanan kesehatan umum, pelayanan laboratorium, pelayanan farmasi, konsultasi kesehatan gigi, konsultasi dengan psikolog, khitan gratis, dan donor darah.
 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023