Pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam menyebut kunjungan Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo ke Surabaya mampu mempengaruhi aspek psikologis politik para lawannya.
 
Berbagai sambutan masyarakat seakan mengirimkan pesan bahwa Surabaya dan Jawa Timur sebagai basis Ganjar.
 
"Masifnya pendukung, partai dan relawan yang hadir itu, akan menjadi bandwagon (efek ikut-ikutan) politik untuk Ganjar di Surabaya dan Jawa Timur," kata Surokim dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Surabaya, Senin.
 
Efek bandwagon politik, kata dia, memang akan dahsyat berpengaruh pada banyak hal, termasuk kepada calon lawan. 
 
"Memilih Surabaya dan Jawa Timur sungguh strategis dan sekaligus bisa memberi pesan bahwa pendukung di wilayah ini solid dan bisa diandalkan untuk dukungan Mas Ganjar," ucapnya.
 
Peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC) tersebut mengatakan momentum antusiasme publik tersebut harus bisa dijaga dan dipelihara, agar suaranya terus positif dan akan menjadi tantangan bagi calon-calon kompetitornya.
 
"Suara arus bawah memang salah satunya bisa dinilai dari munculnya kesadaran massa dan bukan sekadar mobilisasi. Biasanya acara politik yang dihadiri banyak segmen pemilih memang bisa memantik kesadaran para pendukung," tuturnya.
 
Surokim menjelaskan, saat politisi PDIP asal Jawa Tengah tersebut datang di Surabaya gaungnya cukup bagus dan dukungan multisegmen partai terlihat jelas dan solid.
 
"Saya amati acara Pak Ganjar Sabtu lalu di Surabaya semarak dan cukup antusias, gaungnya cukup bagus dalam acara turba (turun ke bawah) Mas Ganjar di Surabaya," kata Surokim.
 
Menurut dia, kemasan acara yang dirangkai dalam kunjungan Ganjar sudah kreatif dan bisa mengkombinasikan multisasaran, dengan beragam jenis kegiatan yang bervariasi. Sehingga tidak monoton dan kekinian. 
 
"Panitia bisa memahami kebutuhan segmen-segmen pemilih gabungan tersebut, sehingga sasaran dan penyampaian pesan bisa terjangkau dengan baik. Saya pikir panitia juga cermat dan bisa mendesain pesan politik yang menarik," ujarnya.
 
Menurut Surokim, peran PDI Perjuangan terlihat sangat solid dalam, hal itu memunculkan antusiasme dan semangat dalam acara kunjungan Gubernur Jawa Tengah tersebut, sehingga terlihat semarak dan bergairah. 
 
"Saya pikir ini akan menguatkan dan menjadi modal bagi Mas Ganjar dan pendukung, untuk menjaga dukungan dan juga melakukan ekspansi," tuturnya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023