Pelaksana tugas (Plt) Ketua Dewan Pimpinan Daerah PDI Perjuangan Jawa Timur MH Said Abdullah mengatakan Ganjar Pranowo bakal melawat ke Kota Surabaya untuk melaksanakan sejumlah agenda partai pada akhir pekan ini.

"Tanggal 6 Mei 2023, konsolidasi dengan DPD dan 38 DPC, DPRD provinsi, kabupaten/kota serta bupati, wakil bupati, dan wali kota," kata Said kepada ANTARA, Rabu.

Said menyebut agenda konsolidasi bakal membahas upaya pemenangan Ganjar Pranowo di Jawa Timur di salah satu hotel di Surabaya.

"Target konsolidasi partai adalah memenangkan GP (Ganjar Pranowo) 60 persen di Jatim. Konsolidasi se-Jatim dihadiri kekuatan tiga pilar partai dan sayap, sebanyak 1.560 kader," ucapnya.

Setelah melaksanakan konsolidasi, calon presiden dari PDI Perjuangan itu bakal meresmikan posko pemenangan di Kota Surabaya.

"Peresmian posko pemenangan GP di Pandegiling," ucapnya.

Ganjar kemudian melanjutkan kegiatannya dengan menghadiri acara talk show yang digelar di Komplek Balai Pemuda Surabaya.

Tak hanya itu, Gubernur Jawa Tengah tersebut dijadwalkan mengunjungi rumah kelahiran Bung Karno yang terletak di Jalan Pandean, Peneleh, Kecamatan Genteng.

Sebagaimana diketahui, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menunjuk Ganjar Pranowo sebagai calon presiden, pada Jumat (21/4).

Sementara, Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023.  

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya. 

Saat ini, terdapat 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Selain itu, pasangan calon juga dapat diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023