XL Axiata East Region mencatat ada peningkatan persentase trafik data di Jawa Timur selama masa libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah atau tahun 2023 masehi.

Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto mengatakan kenaikan trafik data didapatkan dari sejumlah daerah yang menjadi tujuan pariwisata masyarakat saat libur Lebaran 2023.

Beberapa daerah wisata tersebut, yakni Pantai Balekambang Kabupaten Malang dan Pantai Papuma Kabupaten Jember mengalami peningkatan sebesar 448 persen dan 273 persen pada masa libur Lebaran 2023, ketimbang di masa normal.

Selanjutnya, di Pantai Pasir Putih, Kabupaten Situbondo mengalami kenaikan trafik data sebesar 215 persen dan Wisata Gunung Bromo Kabupaten Malang sebesar 150 persen.

"Kenaikan trafik secara rata-rata di Jawa Timur ini tidak terlepas dari meningkatnya mobilitas masyarakat dalam memanfaatkan liburan Lebaran," kata Dodik melalui keterangan tertulis, Minggu.

Selain itu, XL Axiata juga mencatat kenaikan trafik data di Kabupaten Banyuwangi sebesar 60 persen, Kabupaten Lamongan 33 persen, Kabupaten Sampang 32 persen, dan Kabupaten Jember sebesar 31 persen.

Dodik menyebut selama adanya peningkatan penggunaan trafik data di masa libur Lebaran, pihaknya sudah mempersiapkan langkah antisipasi kendala dengan memantau perkembangan kualitas jaringan yang digunakan oleh masyarakat.

Menurutnya langkah itu tepat dilakukan, sebab selama berlangsungnya masa libur Lebaran 2023, pihaknya minim mendapati jumlah laporan soal kendala jaringan yang masuk.

"Hampir tidak ada laporan terjadinya gangguan jaringan. Kami senang bisa memberikan layanan maksimal kepada pelanggan," ujarnya.

Tak hanya daerah dengan lokasi wisata saja, XL Axiata East Region juga mencatat peningkatan trafik data di kawasan vital, seperti Bandara Internasional Juanda Sidoarjo sebesar 33 persen.

"Lokasi pelabuhan dengan trafik tertinggi terjadi di Pelabuhan Jangkar Situbondo sebesar 64," ucapnya.

Pewarta: Ananto Pradana

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023