Seniman sekaligus pendakwah asal Surabaya, Djadi Galajapo, meluncurkan program "Islam Pancasila" yang diharapkan mampu mewujudkan kedamaian di tengah hidup beragama, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Dicetuskannya pada 7 April 2023 Masehi atau 17 Ramadhan 1444 Hijriah. Sebagai upaya menyosialisasikannya, hari ini saya luncurkan juga stiker untuk di mobil bertuliskan 'Islam Pancasila'," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Jumat.

Menurut dia, Islam Pancasila adalah Islam yang terinspirasi dari falsafah bangsa Indonesia, yaitu Pancasila.

Selain itu, Islam Pancasila disebutnya berlandaskan tauhid dengan mengimani sila pertama Pancasila, yakni Ketuhanan Yang Maha Esa.

"Berakhlak mulia dengan kesanggupan mengamalkan sila kedua, ketiga, keempat dan kelima dari Pancasila," ucap Wali Jadab Imam Besar Pelawak Indonesia tersebut.

Konsekuensi logis dari akhlak mulia Islam Pancasila, kata Djadi, menempatkan welas asih menjadi tiangnya agama Islam Pancasila.

"Dengan demikian Islam Pancasila adalah ISLAM yang Indah, Sabar, Lembut, Adil dan Mendamaikan," kata dia.

Djadi juga menyampaikan bahwa setiap penganut Islam Pancasila harus memancarkan atau menebarkan spirit cinta, harmoni dan keindahan yang pada akhirnya mampu menghasilkan kesembuhan serta kebahagiaan di tengah kehidupan.

Karena itulah, lanjut dia, untuk mendapatkannya maka setiap individu wajib mengamalkan doa "Semoga Semua Makhluk Bahagia" dan meyakini serta menjalankan sikap perilaku yang tercantum dalam tuntunan hidup terangkum dalam "Sapta Pemanggih" atau tujuh buah pemikiran.

Djadi menjelaskan, rincian Sapta Pemanggih, pertama adalah semua agama benar menurut Tuhan dan agama setiap orang adalah pilihan Tuhan, lalu semua orang baik berhak masuk surga, dan setiap penganut Islam wajib mempunyai sifat "ISLAM".

Berikutnya yaitu di atas agama ada tanggung jawab kemanusiaan, kemuliaan suatu bangsa ditentukan oleh budayanya bukan agamanya, setia penganut Islam Pancasila menyatakan dalam satu tarikan nafas NKRI harga pas, serta Pancasila sebagai ideologi terbaik di dunia.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023