PT Kereta Api Daerah Operasi (KAI Daop) 8 Surabaya mengimbau para pelanggan melakukan pembelian tiket kereta api pada tanggal alternatif sesuai anjuran pemerintah untuk mengurangi kepadatan arus balik lebaran 2023.

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif dalam keterangannya di Surabaya, Selasa, mengatakan apabila tanggal yang diinginkan telah tiada, bisa menggunakan fitur connecting train yang tersedia dalam aplikasi KAI Access.

"Diharapkan para pelanggan juga melakukan pembelian dan pemesanan tiket melalui aplikasi KAI Access atau mitra resmi lainnya," katanya.

Sementara, pihaknya mencatat, okupansi penumpang mulai dari awal gelar angkutan Lebaran 2023 hingga hari ini berdasarkan data pada pukul 10.00 WIB, tercatat jumlah penumpang yang menggunakan kereta api sebanyak 249.835 orang.

Menurut Luqman, rincian okupansi penumpang pada hari ini (25/4) hingga pukul 10.00 WIB tercatat sebanyak 18.972 penumpang yang akan berangkat dari wilayah Daop 8 Surabaya.

"Tercatat keberangkatan dari Stasiun Surabaya Gubeng sebanyak 5.150 penumpang, Stasiun Surabaya Pasarturi 5.385 penumpang, Malang 3.032 penumpang, dan dari stasiun keberangkatan lainnya sebanyak 5.405 penumpang," katanya.

Selain itu, KAI Daop 8 Surabaya juga memberangkatkan 40 Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) reguler dan sembilan KA tambahan.

"Saat ini masih terdapat beberapa tiket yang tersedia untuk semua KA di Wilayah Daop 8 Surabaya seperti KA Sancaka, KA Ambarawa Ekspres, KA Malioboro, KA Logawa dan KA Lainnya," ucapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengharapkan saat berada di stasiun, para pelanggan tidak perlu khawatir karena banyak petugas yang akan siap membantu untuk memberikan informasi, karena KAI Daop 8 Surabaya bekerjasama dengan relawan Satgas Pramuka, komunitas pecinta kereta, maupun petugas dari Customer Service Mobile (CSM) untuk bertugas

"Dalam masa lebaran tahun 2023 ini para petugas akan mengarahkan pelanggan untuk melakukan pencetakan tiket hingga arah peron keberangkatan kereta para pengguna," tuturnya.

Luqman menjelaskan, agar para pengguna juga memperhatikan aturan dan syarat barang yang boleh dibawa saat naik KAJJ, yakni dimensi maksimal barang 70 cm x 48 cm x 30 cm.

"Selain itu para pengguna tidak diperbolehkan membawa hewan, senjata api dan senjata tajam, barang yang mudah terbakar serta makanan yang berbau menyengat. Untuk informasi perkembangan terupdate tentang KAI melalui akun media sosial resmi @kai121_ atau kontak center 021 121," ujar Luqman.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023