Bupati Jember Hendy Siswanto terus melakukan kegiatan "Jember Berbagi" dan kali ini giliran Kecamatan Kencong yang dikunjungi untuk memberikan bantuan sosial dan meninjau operasi pasar murah di sejumlah lokasi.

Kegiatan dimulai dari kunjungan Bupati Hendy Shalat Jumat di Masjid Darul Huda sekaligus menyapa masyarakat dan meninjau kegiatan operasi pasar di sekitar halaman masjid tersebut yang berada di Desa Wonorejo, Kecamatan Kencong. 

"Saya ingin mengenal kondisi masyarakat di Kecamatan Kencong lebih dekat. Salah satunya yang menjadi fokus utama adalah dalam penekanan kasus stunting, Angka Kematian Ibu dan Bayi," kata Hendy di Jember, Jumat.
 
Ia mengatakan pihaknya terus melakukan kolaborasi dan akselerasi, salah satu di antaranya dalam kegiatan Jember Berbagi yang dilakukan di Desa Wonorejo.

"Hari ini di Desa Wonorejo ada program dari Puskesmas Kencong untuk mengecek adik-adik yang kondisi stunting, termasuk yang kekurangan bantuan tambahan gizi bagi ibu hamil dan bayinya," tuturnya.

Ia menjelaskan bentuk dukungan dari Pemkab Jember adalah dengan terus melakukan pemantauan setahun ke depan kondisi anak yang stunting, sehingga perlu dilakukan pengawalan perkembangan anak yang bersangkutan.

Menurutnya kasus stunting terjadi tidak hanya karena kekurangan gizi, namun bisa dari faktor genetik sehingga harus ada pendampingan dari dokter spesialis. 

"Di samping itu, kami juga memiliki tim Satgas Jember Penting Aksi yang tugasnya memang mengawal kasus stunting, AKI, AKB dan kemiskinan ekstrem," katanya.

Ia berharap program tersebut selama Ramadhan bisa menjadi sasaran untuk sama-sama saling bersedekah, sekaligus menyosialisasikan bantuan dari Pemerintah Pusat sebanyak 217 ribu paket sembako untuk warga se-Jember. 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023