Okupansi pemesanan tiket KA jarak jauh (KAJJ) pada masa Angkutan Lebaran 1444H dengan keberangkatan dari Daop 8 Surabaya telah terjual 382.493 tiket atau sekitar 63 persen.  

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif dalam siaran persnya, Kamis, mengatakan tiket tersebut terjual pada periode tanggal 12 April hingga 3 Mei 2023 dari jumlah tiket yang disediakan sebanyak 607.073 tiket.

"Relasi favorit pemesanan tiket tersebut diantaranya Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Jember dan Banyuwangi," ucapnya.

Menurut dia, adapun perjalanan KA yang masuk lima Besar dalam okupansi yang telah dipesan masih sama, yaitu KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen PP, KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng - Kiaracondong PP, KA Sritanjung relasi Surabaya Gubeng tujuan Ketapang dan Lempuyangan PP, KA Gumarang relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen PP dan KA Matarmaja relasi Malang – Pasarsenen PP.

"Sesuai data terbaru, tanggal keberangkatan KA yang menjadi favorit dipesan diantaranya pada 20 April 2023 sebanyak 93 persen, 19 April 2023 mencapai 81 persen dan 21 April 2023 sebesar 71 persen," ujarnya.

Baca juga: Lebaran, KAI Daop 8 Surabaya telah menjual 331.244 tiket

Sedangkan tanggal pemesanan tiket KA setelah hari Lebaran yang menjadi favorit yaitu pada 25 April 2023 sebesar 94 persen kemudian 26 April 2023 mencapai 91 persen dan 24 April 2023 sebanyak 84 persen.

Pihaknya berharap, agar masyarakat dapat merencanakan perjalanannya dengan baik karena tiket KA masa Angkutan Lebaran masih cukup banyak tersedia.

"Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan," ujarnya.

Terkait persyaratan perjalanan KA, Luqman Arif juga mengimbau kepada pelanggan agar memperhatikan persyaratan perjalanan, diantaranya wajib menggunakan masker dengan benar, usia 18 tahun ke atas wajib vaksin booster, usia 6-17 tahun wajib vaksin kedua, dan di bawah lima tahun wajib didampingi oleh orang dewasa yang telah memenuhi persyaratan.

"Bagi masyarakat yang akan melaksanakan mudik menggunakan Kereta Api, KAI masih menyediakan tempat duduk untuk tanggal berikutnya. Dan kami imbau untuk memperhatikan kembali tanggal keberangkatan serta persyaratan pelanggan sesuai aturan yang berlaku," kata Luqman.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Edy M Yakub


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023