Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) bekerja sama dengan kelompok relawan Kyai Muda Jawa Timur memberi pelatihan pembuatan nuget dari ikan laut yang diberi nama "'Nutrisan' atau Nutrisi untuk Santri.

Dalam siaran pers diterima di Surabaya, Rabu, pelatihan diselenggarakan di Yayasan Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'rif, Dusun Ngesong, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan.

"Ini daerah dekat dengan pantai dan penghasil ikan, alangkah baiknya kalau diadakan pelatihan nuget ikan laut," ujar Koordinator Wilayah KMJT Ali Baidlowi.

Dalam pelatihan tersebut, masyarakat diajarkan teori-teori pembuatan nuget ikan, lalu mempraktikkan pembuatannya, mulai mempersiapkan bahan-bahan, mengolah, menggoreng hingga menyajikannya. 

Ali menyatakan nuget yang dibuat sudah melalui pemeriksaan kesehatan dari pihak berwenang sehingga masyarakat bisa membuat dan menjual nuget ikan itu secara luas ke seluruh daerah di Tanah Air. 

"Nuget-nuget yang dibuat adalah nuget sehat, dari hasil penangkapan nelayan sendiri. Insya Allah akan tercipta UMKM baru dan kami siap bantu pemasarannya," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Mambaul Marif, Saifuddin, menyampaikan masyarakat menyambut baik dan antusias serta berterima kasih atas dedikasi berupa pemberian peralatan masak.

Di sisi lain, pada kesempatan sama juga diselipkan doa bersama untuk kebaikan masyarakat Indonesia dan harapan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bisa maju dalam Pemilihan Presiden 2024.

Pewarta: Hanif Nasrullah

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023