Petugas gabungan dari TNI, Polri, dan pemda menggelar apel untuk pengamanan menjelang kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur pada Sabtu (11/3/2023).

Danrem 081/DSJ Kolonel Inf H Sugiyono mengatakan terdapat sebanyak 1.500 personel gabungan yang disiagakan untuk pengamanan Kepala Negara tersebut bersama rombongan.

"Seribuan personel tersebut mengamankan sejumlah objek vital, lokasi, serta jalur yang dilalui oleh rombongan VVIP," ujar Kolonel Inf H Sugiyono seusai memimpin apel pengamanan di Alun-Alun Merdeka Ngawi, Kamis.

Sesuai rencana, selama di Ngawi, Kepala Negara dijadwalkan menghadiri acara panen raya padi di Desa Kartoharjo, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi. Selain itu, Presiden juga melakukan kunjungan ke Pasar Beran yang tahun ini direvitalisasi pemerintah pusat.

"Selain panen raya nusantara 1 juta hektare tanaman padi di Desa Kartoharjo, Presiden juga meninjau persiapan revitalisasi Pasar Beran Ngawi yang akan dijadikan sebagai pasar sentra agro hasil pertanian," kata dia.

Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono dalam kesempatan sama memastikan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Ngawi akan berlangsung pada Sabtu (11/3/2023) mulai pukul 07.30 WIB.

Adapun rencana tujuan pertama Presiden dijadwalkan berkunjung ke Pasar Beran yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Desa Beran Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi.

Bupati menjelaskan bahwa Pasar Beran Ngawi masuk dalam Perpres 80 Tahun 2019 yang akan mendapatkan revitalisasi seperti Pasar Besar Ngawi. Selain itu, Presiden juga memberikan bantuan kepada para pedagang dan mengecek langsung kondisi fisik Pasar Beran.

Bupati Ony mengatakan jika revitalisasi Pasar Beran diperkirakan dilaksanakan tahun ini dengan dana bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Kemudian, setelah dari Pasar Beran, Presiden Jokowi akan mampir ke area sawah di Desa Kartoharjo, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi untuk panen raya bersama para petani.

Ia mengakui jika jadwal kunjungan sempat berubah dari rencana awal yakni panen raya di Kecamatan Pangkur Ngawi serta ada jadwal tentative berkunjung ke Benteng Van Den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi.

Bupati menambahkan pihaknya bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat terus bersinergi guna mempersiapkan sarana dan prasarana dalam rangka kunjungan kerja Kepala Negara ke Ngawi tersebut.

Dengan berbagai upaya persiapan dan pengamanan tersebut, diharapkan kunjungan kerja Kepala Negara dan rombongan ke Ngawi dapat berjalan lancar.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023