Platform belanja daring Tokopedia bersama psikolog anak Cecilia Sinaga, M.Psi membagikan manfaat mainan balok susun yang tidak hanya dapat mengasah kemampuan motorik kasar dan halus tetapi juga meningkatkan bisa meningkatkan kemampuan kognitif anak.

"Karena kayu balok dapat menjadi media untuk melatih konsentrasi pada anak. Melalui berbagai macam bentuk dan warna balok, anak dapat memahami pola. Sehingga mereka dapat mempelajari strategi dan mencari solusi ketika menyusun balok," ucap Cecilia dalam keterangannya yang di terima di Surabaya, Kamis.

Selain itu, lanjutnya, dapat mengetahui karakter buah hati karena fungsi mainan balok kayu lainnya adalah untuk menciptakan kedekatan dan kepercayaan anak kepada orang tua.

"Jadi ketika anak bermain, orang tua cukup amati dan memberi solusi ketika ia membutuhkan bantuan untuk menyusun balok kayu yang dimainkan. Selain itu, beri apresiasi agar dapat meningkatkan rasa percaya diri pada anak," katanya.

Sementara itu, salah seorang pemilik usaha "Letteringandlife" di Tokopedia bernama Lia Oktaviani Handoko mengaku mendapat tantangan dalam berjualan mainan edukasi tersebut.

"Saat berjualan pada 2019, produk kami bukan mainan edukasi populer. Sehingga kami sering mengedukasi pembeli bahwa mainan kayu dapat meningkatkan kreativitas, dan imajinasi pada anak," ujarnya.

Melalui penjualan daring di Tokopedia, lanjutnya, pihaknya juga memanfaatkan berbagai fitur dan kampanye yang dihadirkan seperti Waktu Indonesia Belanja (WIB), Cashback dan bebas ongkos kirim.

"Penjualan produk kami dapat meningkat hingga 30 persen sejak menggunakan WIB, serta dapat mencapai pembeli hingga ke wilayah Kalimantan dan Palu. Harapan kami, Letteringandlife bisa menjadi brand yang membantu perekonomian Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Head of Category Development (Mom and Baby, Home and Living) Tokopedia, Ramadhan Niendraputra mengatakan melalui "Tokopedia Parents", pihaknya  menghadirkan ekosistem untuk mempermudah masyarakat, khususnya orang tua dalam mendapatkan informasi relevan berkaitan dengan keluarga dan rumah tangga. 

Oleh karena itu, demi mendukung pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) lokal agar mendapat kesempatan yang sama dan mengakomodasi tingginya animo masyarakat terhadap kategori ibu dan anak dengan menggelar kampanye "Tokopedia Parents Fair". 

"Menurut temuan internal, jumlah penjual yang mengikuti kampanye Tokopedia Parents meningkat lebih dari satu setengah kali lipat pada periode 2022 dibanding 2021,” ucapnya.

Selain itu, menurut dia, beberapa wilayah di Indonesia mengalami kenaikan transaksi tertinggi di kategori Ibu dan Anak selama periode 2022 dibanding tahun sebelumnya yakni Kabupaten Tuban (Jawa Timur), Bangka Barat (Bangka Belitung), Demak (Jawa Tengah), Hulu Sungai Selatan (Kalimantan Selatan) dan Rembang (Jawa Tengah).

"Kenaikan jumlah transaksi produk Ibu dan Anak melalui Dilayani Tokopedia naik sebesar satu setengah kali lipat pada periode awal tahun 2023. Selain itu, jumlah penjual produk Ibu dan Anak yang memanfaatkannya naik lebih dari dua kali lipat," ujarnya.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023