Pelatih Persebaya Surabaya Aji Santoso mewaspadai kecerdikan Rahmad Darmawan menjelang lawan Barito Putera pada lanjutan Liga 1 Indonesia musim 2022/2023, Kamis (9/3), di Stadion Demang Lehman.

"Saya kenal Coach RD sejak lama. Saya yakin coach RD sudah punya taktik lain, ini bukan jaminan kami bisa mendapatkan poin dengan mudah. Akan tetapi ini tentu bisa dimanfaatkan dengan baik oleh tim," kata Aji, saat sesi pre match press conference, yang diikuti secara virtual di Surabaya, Rabu.

Kualitasnya, menurut Aji, sudah diakuinya, bahkan tim kebanggaan Arek-Arek Suroboyo sempat dikalahkannya di putaran pertama saat masih melatih Rans Nusantara FC.

"Kehadiran Coach RD membawa dampak yang sangat positif, kami lihat pertandingan terakhir mereka. Di sini kami lihat sulit mempredisksi kekuatan Barito," ujarnya.

Menurut dia, perubahan tersebut terlihat pada laga kandang terakhir Laskar Antasari yang berhasil mengalahkan tim papan atas Persib Bandung dengan skor 2-1.

"Saya ingatkan mengalahkan Barito dengan kehadiran coach RD ini tidak gampang, perlu kerja keras," ucap pelatih yang memiliki lisensi UEFA Pro tersebut.

Oleh karena itu, dirinya sudah memberi arahan anak asuhnya untuk bisa disiplin dalam penerapan strategi guna merealisasikan target menang agar klub yang berjuluk Bajol Ijo tersebut dapat naik ke papan atas klasemen sementara.

"Kalau pemain bisa menjaga semangat juang, dan bermain dengan hati, tidak menutup kemungkinan kami membawa poin tiga," kata pelatih asal Malang tersebut.

Dengan memaksimalkan pemainnya yang sudah pulih 100 persen, menurut dia, akan mempermudah dirinya untuk meramu kekuatan terbaik.

"Minimal berhasil membawa pulang satu poin, akan tetapi kalau anak-anak bisa berjuang lebih keras poin tiga terbuka lebar. Kami butuh turning point untuk kembali ke jalur kemenangan," ucap Aji.

Menurut data dari PT Liga Indonesia Baru (LIB), kedua tim telah bertemu sebanyak tujuh kali sejak 2018.

Barito Putera lebih unggul dengan tiga kali kemenangan, dengan rincian dua kali menang saat musim 2018 dan satu kali saat musim 2019.

Sedangkan Persebaya tercatat hanya mampu meraih dua kali kemenangan, dengan rincian satu kali menang pada musim 2021/2022 dan yang terakhir saat putaran pertama musim 2022/2023.Menurut data dari PT Liga Indonesia Baru (LIB), kedua tim telah bertemu sebanyak tujuh kali sejak 2018.

Barito Putera lebih unggul dengan tiga kali kemenangan, dengan rincian dua kali menang saat musim 2018 dan satu kali saat musim 2019.

Sedangkan, Persebaya tercatat hanya mampu meraih dua kali kemenangan, dengan rincian satu kali menang pada musim 2021/2022 dan yang terakhir saat putaran pertama musim 2022/2023.

Saat ini, Persebaya berada di posisi delapan klasemen sementara Liga 1 musim 2022/2023 dengan mengoleksi 38 poin dari 25 pertandingan. 

Sedangkan lawan yang akan dihadapi, Barito Putera, saat ini berada di peringkat 17 dengan raihan poin 25 dari 27 pertandingan.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023