Politeknik Negeri Madiun menggelar Festival Vokasi tahun 2023 dengan menyajikan capaian inovasi dan karya yang telah dilakukan oleh peserta didik vokasi selama setahun terakhir.

Panitia Festival Vokasi 2023 Politeknik Negeri Madiun, Adiratna Ciptaningrum, mengatakan tujuan dari pameran tersebut adalah untuk mengenalkan kepada masyarakat terkait capaian inovasi dan karya vokasi dari hasil pembelajaran program project based learning (PBL) maupun teaching factory (Tefa).

"Apa yang kami tampilkan adalah karya yang dihasilkan para siswa maupun mahasiswa melalui PBL maupun Tefa," ujar Adiratna dalam kegiatan Festival Vokasi 2023 di Hall Gedung C Kampus 2 Politeknik Negeri Madiun, Sabtu.

Menurut dia, Festival Vokasi 2023 Politeknik Negeri Madiun digelar dua hari, yakni tanggal 10-11 Februari 2023 dan dibuka untuk umum secara gratis.

Adapun karya yang ditampilkan merupakan hasil kolaborasi dari peserta didik vokasi di tingkat SMK maupun perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi (PTPPV).

Ia menjelaskan dengan menyajikan produk karya mahasiswa maupun siswa tersebut, masyarakat akan mengetahui bahwa pembelajaran di satuan pendidikan vokasi tidak hanya sebatas di ruang kelas saja. Para peserta didik vokasi bahkan bisa menghasilkan karya-karya yang inovatif yang bisa memantik ide-ide kreatif untuk menjadi techopreneur.

Tidak hanya melibatkan karya dari PNM saja, festival tersebut juga diikuti Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) dan satuan pendidikan vokasi lainnya, baik sekolah menengah kejuruan (SMK) maupun lembaga kursus dan pelatihan (LKP) yang ada di Jawa Timur.

Selain untuk memperkenalkan karya-karya mahasiswa maupun peserta didik vokasi, Festival Vokasi 2023 ini juga sebagai ajang sosialisasi untuk memperkenalkan satuan-satuan pendidikan vokasi kepada masyarakat umum.

"Apalagi saat ini juga sudah masuk penerimaan mahasiswa baru, diharapkan pameran ini menjadi pemantik bagi calon mahasiswa baru untuk tertarik masuk ke politeknik," kata dia.

Sementara, beragam produk unggulan ciptaan dipamerkan dalam festival tersebut. Seperti angkot listrik Karismatik, mobil listrik, dan smart traffic light, dan masih banyak lainnya.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023