Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, menegaskan untuk selalu berkomitmen merawat budaya sehingga tetap lestari. 

Camat Kota Arief Cholisudin, Senin mengatakan untuk melestarikan budaya, pihaknya telah menggelar kesenian Opera Panji Kediri (OPAK). Kegiatan ini digelar selain sebagai hiburan, juga melestarikan budaya. 

"Hal ini kami lakukan sebagai upaya pemerintah dalam menjaga eksistensi budaya lokal. Apalagi kesenian seperti ketoprak atau opera seperti ini sudah jarang diadakan. Sangat sayang sekali jika kesenian seperti ini punah," kata Arief Cholisudin di Kediri. 

Pihaknya mengatakan kesenian Opera Panji Kediri (OPAK) itu menampilkan drama opera dengan lakon "Sampek Engtay" diperankan oleh para beberapa seniman ketoprak, baik dari unsur pemerintahan seperti Camat Kota dan Lurah Ringinanom, serta warga dari Kelurahan Ringinanom yang dikenal banyak mempunyai talenta-talenta di bidang kesenian.

Dengan alur cerita yang menunjukkan perjuangan seorang wanita memperjuangkan persamaan hak untuk memperoleh pendidikan berhasil memukau para penonton yang hadir. 

Cholis juga menambahkan pertunjukan ini juga untuk menjalankan program unggulan dari Wali Kota Kediri yaitu Kampung Keren untuk memunculkan karakteristik kawasan, keunikan, budaya, keterampilan dan peningkatan potensi ekonomi di setiap kelurahan. 

"Kebetulan warga dari Kelurahan Ringinanom banyak sekali yang memiliki potensi untuk berkesenian. Sehingga Kelurahan Ringinanom dijadikan sebagai Kampung Seni. Dengan Kampung Seni ini bisa menjadi wadah positif bagi masyarakat dalam mengembangkan kegemarannya," kata dia. 

Sementara itu, Ketua Dewan Kebudayaan Daerah Kota Kediri Yuwono Wahyu Alam mengatakan kegiatan tersebut awalnya diinisiasi karena keprihatinannya terhadap seniman opera dan ketoprak yang sudah jarang tampil karena sepinya pertunjukan.

Kegiatan tersebut untuk mengumpulkan dan memberikan wadah untuk para seniman opera dan ketoprak untuk menghidupkan kembali kesenian opera dan ketoprak yang sudah jarang diadakan. 

"Pertunjukan ini adalah wadah untuk para seniman opera dan ketoprak menyalurkan bakatnya. Selain itu kolaborasi ini adalah upaya bersama untuk menjaga eksistensi budaya lokal. Melalui kesenian OPAK ini saya ingin memperkenalkan kepada generasi muda yang mungkin masih ada yang belum mengetahui kesenian opera dan ketoprak itu seperti apa," tutur Yuwono Wahyu Alam.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023