Persebaya Surabaya mengusulkan Kaesang Pangarep sebagai Ketua Komite Pemilihan Konferensi Luar Biasa (KLB) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) karena dinilai layak dan memiliki integritas untuk menduduki jabatan tersebut.
 
“Kami telah mengirim surat tertulis ke PSSI untuk bisa dibahas di kongres. Membawa nama Mas Kaesang untuk dipilih sebagai Ketua Komite Pemilihan,” Kata Direktur Persebaya Surabaya Candra Wahyudi, dalam keterangannya di Surabaya, Sabtu.
 
Menurut dia, salah satu pembahasan dalam Kongres Biasa PSSI yang digelar di Jakarta, pada 14 hingga 15 Januari 2023 tersebut salah satunya pembentukan Komite Pemilihan dan Komite Banding.
 
"Kedua badan independen ini, nantinya yang akan bertugas menerima dan menyeleksi kelayakan pada bakal calon ketua umum, wakil ketua umum dan komite eksekutif PSSI," ucapnya.
 
Hasil kerja Komite Pemilihan ini, lanjutnya, nantinya akan dibawa dalam Kongres Luar Biasa Pemilihan PSSI yang digelar Februari 2023. 
 
"Sosok Kaesang sangat tepat untuk menjalankan Komite Pemilihan karena memahami dan memiliki spirit yang sama dengan Persebaya untuk lakukan tata kelola sepak bola nasional ke arah yang lebih baik," ujarnya.
 
Candra menjelaskan, ada dua jalur dalam penentuan Komite Pemilihan, yang pertama melalui usulan para pemilik suara yang diajukan ke Komite Eksekutif PSSI.
 
"Selanjutnya, Komite Eksekutif akan memilih sejumlah nama dan dibawa ke Kongres untuk diminta persetujuan," kata mantan manajer Persebaya tersebut.
 
Kemudian, lanjutnya untuk cara yang kedua pemilik suara bisa langsung mengusulkan nama di arena Kongres PSSI yang kemudian akan dipilih bersama para voter.
 
"Salah satu syaratnya, calon yang diusulkan ini bersedia dan hadir di kongres PSSI," kata Candra.

Pewarta: Naufal Ammar Imaduddin

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023