Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, Jawa Timur terus mengakselerasi pemberian vaksin COVID-19 guna memberikan perlindungan meski pandemi di Tanah Air sudah terkendali.


“Vaksinasi COVID-19 di Magetan terus berlanjut. Saat ini cakupan vaksinasi di Magetan sudah mencapai sekitar 80 persen secara keseluruhan untuk dosis 1 sampai 4,” kata Bupati Magetan Suprawoto saat mengikuti kegiatan vaksin dosis kedua atau booster di Dinas Kesehatan Magetan, Jumat.

Untuk mempercepat pemberian vaksin COVID-19, Dinas Kesehatan Magetan bekerja sama dengan Polres Magetan menggelar vaksinasi gratis dari vaksin 1 hingga 4 di kantor Dinas Kesehatan setempat, Jumat (13/1) 2023.

Menurutnya, antusias masyarakat Magetan untuk berpartisipasi dalam vaksin COVID-19 sangat luar biasa meski belum 100 persen.

“Kenapa kita belum mencapai 100 persen? Karena warga di Magetan sasarannya banyak yang bekerja di luar Magetan, selain itu ada warga yang terkena penyakit penyerta sehingga tidak bisa divaksinasi,” ujarnya.

Meski belum bisa divaksinasi, pihaknya meminta warga Magetan tetap menjaga protokol (prosedur) kesehatan, utamanya memakai masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir atau menggunakan penyanitasi tangan berbahan alkohol.

Pada kesempatan itu, Dinkes Magetan dan Polres Magetan memberikan 1.000 dosis yang diprioritaskan untuk dosis ke-4 atau booster kedua. Adapun untuk pemberian dosis 4, diprioritaskan diberikan kepada tenaga kesehatan (nakes) dan lanjut usia (lansia).

Vaksin booster kedua untuk nakes sangat diperlukan. Karena nakes adalah garda terdepan dalam penanganan COVID-19. Oleh karena itu, efektivitas vaksin juga harus ditingkatkan.

Apalagi sudah lebih dari enam bulan sejak booster pertama diberikan. Nakes adalah salah satu kelompok yang paling rentan terpapar COVID-19, begitu pula dengan lansia.

Sementara itu, kegiatan vaksinasi diikuti oleh Bupati Magetan, Kapolres Magetan, Dandim 0804/Magetan, jajaran Dinkes Magetan, serta siswa SMA/SMK sederajat di Magetan. Di sela-sela kegiatan, vaksinasi serupa disaksikan secara daring bersama Kapolda Jabar.

Secara total, jumlah kasus COVID-19 di Magetan hingga Kamis (12/1/2023) mencapai 13.568 kasus. Dari jumlah itu, sebanyak 12.510 kasus sembuh, empat lainnya masih dalam pemantauan (kasus aktif), dan 1.054 orang meninggal dunia.
 

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023