Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melakukan bedah rumah milik Nanik Haryati warga Tropodo, Krian, sebagai respons laporan kepala desa setempat.
 
Wakil Bupati Sidoarjo Subandi di Sidoarjo, Rabu, bersama dengan Baznas Kabupaten Sidoarjo segera melakukan bedah rumah karena kondisinya yang hampir roboh.
 
"Hari ini saya turun inspeksi merespons laporan kepala desa, ke rumah Nanik Hariyati yang sedang hamil tua bertempat tinggal di rumah yang hampir roboh. Pemkab membantu sembako dan bedah rumah dari Baznas Kabupaten Sidoarjo untuk merenovasi secepatnya rumah beliau," ucapnya.
 
Ia berpesan kepada Kades Tropodo Kecamatan Krian agar secepatnya atap rumah Nanik diperbaiki dan dalam dua atau tiga hari ke depan dengan gotong royong.
 
Wabup juga meminta warga seperti ini dapat tersentuh program bantuan desa seperti bantuan langsung tunai (BLT) serta dinas sosial untuk ikut membantu pelayanan kesehatan dengan jaminan kesehatan gratis.
 
"Saya meminta kepala desa untuk gotong royong saling membantu tenaga untuk renovasi rumah agar layak ditempati serta bantuan sosial juga harus diperhatikan kepada keluarga ibu Nanik ini," ujarnya.
 
Ia mengatakan, jika masih memiliki BPJS mandiri yang nantinya akan dibantu Dinsos Sidoarjo untuk di masukkan jaminan kesehatan gratis satu keluarga dari Pemkab Sidoarjo dikarenakan kategori warga tidak mampu.
 
Wabup Subandi mengatakan sinergitas penanganan warga tidak mampu secara bersama-sama seperti inilah yang diharapkan. Mulai dari ketua RT, RW, Kades turut serta menanggulangi warga masyarakat yang kurang mampu.
 
"Perihal penanganan warga masyarakat miskin atau tidak mampu ini harus kita jalankan bersama, agar tidak ada lagi keluhan warga masyarakat miskin," tuturnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023