Para penyintas bencana erupsi Gunung Semeru dapat berbelanja gratis dengan program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Nahdlatul Ulama (NU) di Toko NU yang berada di kawasan relokasi Bumi Semeru Damai di Desa Sumbermujur, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

"BLT NU merupakan program bantuan yang diberikan LazisNU untuk memulihkan perekonomian masyarakat setelah terjadi bencana erupsi Gunung Semeru," kata Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf dalam taklimat media yang diterima di Lumajang, Rabu.

Menurutnya BLT NU diberikan kepada para penyintas bencana Semeru dalam bentuk kartu yang berisi saldo senilai Rp200.000 setiap bulan dan bisa digunakan untuk berbelanja di Toko NU.

"Saya mengapresiasi program yang sudah dilakukan LazisNU karena NU dituntut selalu hadir untuk membantu meringankan beban masyarakat. NU bisa melakukan hal tersebut, salah satunya dengan cara memberikan program yang bermanfaat seperti itu," katanya.

Ketua LazisNU Jawa Timur A Afif Amrullah dalam laporannya menjelaskan bahwa banyak program yang sudah dilakukan LazisNU untuk membantu para korban atau masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru.

"Selain pembangunan hunian sementara (huntara), kami juga telah membangun Toko NU sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang berada di kawasan relokasi di Bumi Semeru Damai," katanya.

Ia menjelaskan pihaknya membangun huntara juga membangun Toko NU sesuai dengan arahan Bupati Lumajang karena LazizNU tidak mencari keuntungan, tetapi untuk pemberdayaan masyarakat penyintas bencana erupsi Semeru.

Sementara Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan bahwa pemberian kartu NU berdaya untuk para penyitas bencana erupsi Gunung Semeru merupakan subsidi yang diberikan oleh NU kepada masyarakat untuk membantu meringankan dan memulihkan perekonomian masyarakat di kawasan relokasi.

"NU memberikan program subsidi dalam bentuk kartu NU berdaya, masyarakat nanti belanjanya di Toko NU dengan kartu, isinya diberikan sebanyak Rp200 ribu setiap bulan," tuturnya.

Bupati Lumajang yang akrab disapa Cak Thoriq menjelaskan bahwa program BLT NU melalui Toko NU dapat menyelesaikan permasalahan ekonomi masyarakat.

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf bersama rombongan meresmikan Toko NU di kawasan relokasi Bumi Semeru Damai pada Selasa (10/1) petang.
 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2023