Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Ketenagalistrikan pada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana meninjau infrastruktur distribusi dan jaringan PT PLN (Persero) jelang Tahun Baru 2023 di Gardu Induk Banyuwangi.

"Pemerintah ingin memastikan selama periode Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 ini masyarakat mendapatkan akses dan penyediaan listrik yang andal. Listrik itu dari hulu ke hilir, dari sisi penyediaan energi primer kita aman. Kedua kami pastikan dari sisi pembangkit, transmisi, kemudian distribusi semuanya berjalan dengan baik," ujar Dadan dalam keterangan tertulis diterima ANTARA di Banyuwangi, Selasa.

Dalam kesempatan itu, ia juga melihat PLN telah siap dengan menyiagakan 3.293 personel yang tersebar di 152 posko siaga Jatim-Bali.

Dadan juga meninjau Banyuwangi untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik dari Jawa Timur ke Bali.

PLN, kata dia, telah menyiapkan dengan sangat baik dari sisi personel, khususnya untuk periode Natal dan tahun baru. Khusus untuk Banyuwangi, kata dia, penting karena juga mendukung Bali.

Dadan mengapresiasi kesiapan PLN untuk mengantisipasi Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Bali, dengan menyuplai tambahan daya dari Jatim sebesar 273 mega-watt (MW) untuk mengantisipasi lonjakan daya sekaligus untuk cadangan. Hal ini masih diperkuat dengan keberadaan posko siaga PLN yang akan tersedia hingga tanggal 4 Januari 2023.

"Alhamdulillah, kita sudah melewati satu tahap untuk Natal. Terima kasih sudah lancar. Sekarang Kami bergerak ke tahap yang kedua untuk menghadapi tahun baru. Kami akan meningkatkan kesiagaan," ujar dia.

Sementara itu, Direktur Distribusi PT PLN, Adi Priyanto menjelaskan bahwa dari segi energi primer PLN tidak hanya siap dari segi pasokan batubara, tetapi juga pasokan gas, hidrologi PLTA, serta BBM untuk emergency.

"Kesiapan kami sudah 100 persen, mulai dari kemarin sampai nanti tahun baru 2023. Kami menyiapkan backup berlapis untuk venue-venue yang diselenggarakan masyarakat maupun pemerintah," ucap dia.

Adi juga menekankan untuk masyarakat tidak perlu khawatir jika ingin mudik atau pun liburan di sekitar Jawa-Bali. Karena saat ini telah ada 189 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Pulau Jawa dan 313 unit SPKLU di Bali.

"Mudah-mudahan dengan kesiapan kami mulai dari pembangkitan, transmisi, distribusi, usaha ini membuat pasokan listrik untuk Jatim-Bali tidak ada kendala," kata Adi.

PT PLN (Persero) merupakan BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk solusi energi.

PLN mengusung agenda transformasi dengan aspirasi green, lean, innovative dan customer focused demi menghadirkan listrik untuk kehidupan yang lebih baik.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022