Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur mempercepat pengerjaan saluran air melalui dana kelurahan agar hasil pembangunan itu segera dirasakan masyarakat setempat. 

"Saya perintahkan dinas terkait agar mempercepat pekerjaan saluran air sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan," kata Wakil Wali Kota Surabaya Armuji saat inspeksi pembangunan saluran air di Endrosono Surabaya, Rabu.

Ia mengatakan pagu dana kelurahan tahun 2022 mencapai Rp427.239.261.262. Terdapat 154 kelurahan se-Kota Surabaya yang gencar melakukan pembangunan hingga pemberdayaan masyarakat.

Cak Ji, panggilan akrabnya, mencontohkan pembangunan melalui dana kelurahan, yakni jalan kampung dan saluran air di lokasi yang memiliki lebar kurang dari dua meter.

Salah satu lokasi pembangunan itu di Endrosono 9, Kecamatan Semampir yang sedang dilakukan pembangunan saluran u-ditch.

Dia mengaku melakukan inspeksi guna menindaklanjuti keluhan warga akibat pekerjaan saluran yang sempat terhenti beberapa hari sehingga mengganggu aktivitas mereka.

"Seharusnya pada 16 Desember 2022 harus selesai. Maka dari itu, kami minta agar dipercepat agar tidak molor dan mengganggu aktivitas warga," katanya.

Dia meminta masyarakat turut serta mengawasi pembangunan sehingga dapat menjamin keberhasilan pembangunan di kampung dengan anggaran yang bersumber dari dana kelurahan.

Cak Ji berharap serapan dana kelurahan dapat dilakukan secara optimal sehingga diminta semua aparatur kelurahan bekerja keras mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga pengawasan.

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022