Menikmati secangkir kopi saat ini sudah menjadi gaya hidup masyarakat di sejumlah daerah, sehingga tidak heran kalau kedai kopi menjamur di berbagai tempat dengan menawarkan bermacam-macam kopi mulai dari kopi robusta hingga arabika.

Minum kopi hitam atau ditambah susu adalah hal yang biasa ditemukan di sejumlah kedai kopi, namun ada yang unik di Rumah Makan (RM) Lestari yang merupakan rumah makan legendaris di Kabupaten Jember yang menawarkan sensasi kopi buah naga yang unik.

Kopi buah naga tersebut sudah disajikan di rumah makan yang berada di Jalan Kartini Jember itu sejak tahun 2018 karena saat itu produksi buah naga di Kabupaten Jember melimpah dan menjadi buah yang viral di kalangan masyarakat.

Pemilik RM Lestari, Gunawan Wibisono mengatakan ide menyajikan kopi buah naga awalnya hanya coba-coba karena melihat produksi buah naga yang melimpah di Jember, namun respon masyarakat cukup bagus terhadap minuman perpaduan kopi dengan buah naga tersebut.

"Hingga sekarang masih ada pengunjung yang memesan untuk menikmati sensasi kopi yang disajikan dengan buah naga, terutama pengunjung dari luar kota Jember," tuturnya.

Varian kopi yang disajikan di dalam buah naga juga bervariasi yakni ada kopi robusta atau dikombinasikan dengan capucino, sehingga perpaduan manisnya menyatu dengan buah naga.

Bahkan artis kondang yang juga pianis Yovie Widianto pernah mencicipi kopi buah naga di RM Lestari ketika berada di Kabupaten Jember dan mendapat respon yang cukup bagus.

Seorang barista RM Lestari, Sisin mengatakan takaran kopi robusta yang disajikan dengan media buah naga harus pas agar menghasilkan cita rasa yang enak, sehingga tidak bisa sembarangan.

Buah naga yang dipilih juga harus berkualitas dan biasanya memilih buah naga organik yang dikembangkan di sekitar kawasan puncak Rembangan yang berada di Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember itu.

"Dengan takaran yang pas maka kopi espresso one shot buah naga siap disajikan dan menghasilkan cita rasa yang unik dengan manisnya buah naga merah," ujarnya.

Nah bagi anda yang jalan-jalan dan kebetulan singgah di Kabupaten Jember bisa mencobanya, sehingga tidak perlu penasaran dengan sensasi kopi buah naga yang disajikan di RM Lestari karena hanya dibandrol dengan harga Rp20 ribu.

Para penikmat kopi juga bisa merasakan perpaduan segarnya buah naga yang alami dengan kopi espresso, namun kalau masih dirasa kurang manis bisa ditambahkan susu kental manis atau gula, sehingga bisa disesuaikan dengan selera.(*)

Baca juga: Kiat dokter agar seduh kopi tanpa kurangi khasiatnya

Baca juga: Peneliti ungkap manfaat minum dua hingga tiga cangkir kopi sehari

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : A Malik Ibrahim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022