Harga sejumlah kebutuhan bahan pokok di pasar tradisional Kabupaten Jember, Jawa Timur harganya merangkak naik menjelang perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

"Beberapa komoditas pangan yang harganya naik yakni telur ayam ras, bawang merah, cabai dan tomat," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jember Bambang Saputro di kabupaten setempat, Senin.

Harga telur ayam ras berkisar Rp24.000 hingga Rp27.000 per kilogram, cabai rawit berkisar Rp20.000 hingga Rp27.000 per kilogram, bawang merah berkisar Rp30.000 hingga Rp40.000 per kilogram, dan tomat Rp6.000 hingga Rp14.000 per kilogram di 28 pasar tradisional di Jember.

"Untuk harga tomat saat ini mengalami kenaikan karena dampak dari pasokan berkurang akibat salah satunya cuaca ekstrem, sehingga banyak petani gagal panen yang menyebabkan stok terbatas," kata dia.

Kendati harga sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan, lanjut dia, secara umum harga bahan pokok di pasar masih relatif stabil dan kenaikan tersebut masih dalam batas kewajaran.

"Sejauh ini stok bahan pokok di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Jember juga masih aman menjelang Nataru 2023," ujar dia.

Dia menjelaskan, petugas terus melakukan pemantauan terhadap ketersediaan dan harga bahan pokok di sejumlah pasar tradisional, sehingga dipastikan kebutuhan pangan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Untuk mengendalikan harga bahan pokok, lanjut dia, operasi pasar lumbung pangan yang digelar Pemprov Jawa Timur di empat pasar Jember masih terus berlangsung setiap hari minggu sampe akhir tahun dengan lokasi di Pasar Tanjung, Kreongan, Mangli dan Wirolegi.

"Saya berharap kegiatan operasi pasar lumbung Pangan Jatim dapat mengendalikan laju inflasi dan berdampak pada stabilnya harga sejumlah komoditas pangan di Jember," kata dia. (*)
 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022