DPW Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jawa Timur menurunkan para relawan ke sejumlah lokasi bencana alam yang terjadi di beberapa daerah di provinsi setempat untuk membantu sekaligus menangani proses evakuasi warga.

"Begitu mendengar musibah di beberapa tempat, kami langsung melakukan koordinasi, khususnya dengan relawan PKS dan DPD PKS yang daerahnya terdampak," ujar Ketua PKS Jatim Irwan Setiawan dalam siaran pers diterima di Surabaya, Rabu.

Ada beberapa daerah di Jatim yang dikabarkan terendam banjir, yaitu Kabupaten Pacitan, kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, kabupaten Tulungagung, Banyuwangi dan Trenggalek. 

Untuk itu, kata dia, pihaknya terus melakukan koordinasi harian untuk memahami dinamika di tempat warga yang terdampak banjir dan prioritas bantuan dikirim, termasuk tindakan yang akan dilakukan.  

Dari laporan di lapangan, relawan PKS di Trenggalek dan Kabupaten Malang membuat dapur umum menyiapkan makanan siap saji untuk warga terdampak dan membersihkan rumah-rumah dari lumpur.

Sedangkan, di Blitar selain membuat dapur umum dan mendistribusikan makanan siap saji, juga membentuk Satgas Bencana dan posko di Desa Kalipang.

Kang Irwan, sapaan akrabnya menambahkan, beberapa relawan dari DPD PKS lainnya luar juga bersiap untuk turun ke lokasi bencana.

"Misalnya PKS Ngawi yang siap mengirimkan perahu karet untuk relawan di Trenggalek," ujar dia.

Irwan kemudian meminta DPD PKS di seluruh kabupaten/kota di Jatim dalam kondisi siaga dan menyiapkan langkah-langkah aksi siaga bencana. 

PKS Jatim, kata dia, sudah mengaktifkan Gugus Tugas Siaga Bencana Tingkat Wilayah untuk memantau perkembangan kondisi bencana di daerah serta mengkoordinasikannya.

"Yang paling penting, jangan lupa langkah kolaborasi dengan pihak terkait dan berwenang di daerah terdampak," kata mantan anggota DPRD Jatim dua periode tersebut.

Sementara itu, mewakili PKS Jatim, Irwan menyampaikan duka mendalam atas musibah yang terjadi di beberapa daerah di Jawa Timur. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022