Pemerintah Kabupaten Magetan masuk enam besar nominator Penghargaan Ketahanan Pangan Terbaik di Jawa Timur 2022 karena dinilai memiliki program yang mendukung terwujudnya ketahanan dan kedaulatan pangan di tingkat provinsi maupun nasional.

"Apabila menang, penghargaan itu akan diserahkan besok pada peringatan Hari Pangan Sedunia di Surabaya," ujar Bupati Magetan Suprawoto seusai mengikuti rapat assesment nominator Award Peduli Ketahanan Pangan Jatim 2022 secara virtual di ruang jamuan Pendopo Surya Graha Magetan, Senin.

Penghargaan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada setiap 16 Oktober.

Program Kabupaten Magetan yang dinilai mendukung terwujudnya ketahanan dan kedaulatan pangan di Jatim maupun nasional, antara lain peningkatan debit air dan penghidupan kembali sumber mata air di wilayah rawan air bersih, seperti di Kecamatan Parang, Sidorejo, Panekan, dan Ngariboyo.

Kemudian, program pengaktifan kembali lahan kurang produktif sekitar 100 hektare, lalu bertambahnya luas tanam lahan pertanian dan bertambahnya pendapatan petani, serta meningkatnya indeks pertanian Magetan dari 2,42 menjadi 2,43.

Bupati menjelaskan terdapat beberapa tantangan dalam pemenuhan ketahanan pangan suatu daerah, salah satunya adalah pertumbuhan jumlah penduduk.

"Sebesar apapun kami menyediakan pangan, kalau jumlah penduduk tak terkendali dan semakin banyak itu juga akan berat. Karenanya, kami terus melakukan upaya-upaya agar ketahanan pangan itu adalah berkelanjutan. Artinya tidak hanya hari ini, tapi berpikir ke depan," katanya.

Meskipun menjadi nominator, Bupati Suprawoto meminta jajarannya tetap fokus dalam bekerja seperti biasanya untuk kesejahteraan masyarakat.

"Yang penting bekerja, urusan penghargaan itu tidak usah dipikirkan. Penghargaan akan mengikuti kerja, bukan kerja mencari penghargaan," ucap dia.

Turut mendampingi Bupati Magetan Suprawoto dalam pemaparan materi secara virtual kepada juri, yakni Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Magetan Uswatul Chasanah beserta tamu undangan lainnya.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022