Sebanyak 53 orang perempuan dinyatakan lolos seleksi administrasi sebagai calon anggota panitia pengawas pemilu kecamatan di Kabupaten Pamekasan untuk pelaksanaan Pemilihan Umum 2024.

Menurut Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Pembentukan Panwaslu Kecamatan Kabupaten Pamekasan Khotim Ubaidillah, awalnya jumlah pendaftar perempuan sebanyak 65 orang, akan tetapi setelah dilakukan seleksi administrasi hanya 53 orang yang lolos.

"Mereka yang dinyatakan lolos seleksi administrasi ini selanjutnya akan mengikuti tes pada 15 Oktober 2022 di Kantor Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia  dan di aula SMK Negeri 3," katanya Khotim di Pamekasan, Jawa Timur, Rabu malam.

Pendaftaran calon anggota panwaslu kecamatan di Pamekasan mulai digelar sejak 21 hingga 27 September 2022. Kala itu, jumlah total pendaftar sebanyak 274 orang.

Namun karena belum memenuhi ketentuan kuota 30 persen bagi perempuan, pada 2 hingga 8 Oktober 2022 Bawaslu Pamekasan membuka kembali pendaftaran.

Hasilnya, sebanyak 31 perempuan mendaftar, sehingga total jumlah pendaftar perempuan sebanyak 65 orang dari total 306 orang yang mendaftar sebagai calon anggota panwaslu kecamatan.

"Akan tetapi setelah dilakukan seleksi administrasi hanya 287 orang yang lolos dengan perincian 234 orang laki-laki dan 53 orang perempuan," katanya, menjelaskan.

Nama-nama calon anggota panwaslu kecamatan itu diumumkan secara terbuka di papan pengumuman kantor Bawaslu Pamekasan.

"Masyarakat dapat memberi tanggapan atau masukan terhadap nama-nama yang lolos administrasi ini melalui nomor telepon seluler 082301375268 atau melalui surel bawaslupamekasan@gmail.com," kata Khotim Ubaidillah, menjelaskan.

Sementara itu, jumlah anggota panwaslu kecamatan yang hendak direkrut untuk keperluan Pemilu 2024 sebanyak 39 orang. Mereka akan bertugas pada 13 kecamatan di Pamekasan yang masing-masing kecamatan terdiri atas tiga orang.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Fiqih Arfani


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022