Kementerian Perindustrian berharap pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 Surabaya dapat mendorong tercapainya Green Mobility di industri otomotif nasional.

"Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap GAIKINDO atas terselenggaranya GIIAS dan berharap GIIAS dapat mendorong tercapainya Green Mobility dalam industri otomotif Indonesia," ujar Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier di Grand City Convex, Surabaya, Rabu.

Taufiek juga berharap melalui penyelenggaraan GIIAS dapat memberikan informasi dan edukasi kepada para pengunjung tentang keunggulan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) yang tidak bersuara dan tidak menimbulkan polusi. 

Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi menyampaikan apresiasi tertinggi kepada Kementerian Perindustrian atas arahan, dukungan, dan kebijakan untuk industri otomotif Indonesia, khususnya untuk pertumbuhan industri otomotif di Jawa Timur. 

"Lewat penyelenggaraan GIIAS Surabaya 2022, GAIKINDO ingin menunjukkan bahwa pencapaian dan potensi industri otomotif di Jawa Timur sangat menjanjikan. Sebuah capaian yang tidak lepas dari dukungan Pemerintah Republik Indonesia, khususnya Kementerian Perindustrian," ucap Nangoi.

Nangoi juga menyampaikan bahwa kehadiran berbagai produk otomotif dengan teknologi terbaru diharapkan dapat memberikan informasi dan edukasi yang tepat kepada masyarakat Jatim.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim, Drajat Irawan menambahkan bahwa 48 persen nyawa kekuatan di wilayah setempat ada pada industri dan perdagangan. 

"Sehingga pameran yang diselenggarakan di Jatim akan sangat luar biasa. Kami berharap agar rangkaian GIIAS dapat berjalan sukses dan memberikan manfaat untuk Jawa Timur serta nasional," ujarnya. 

Pada pameran otomotif GIIAS 2022 Surabaya di Grand City Convex, 14-18 September 2022, ada sebanyak 13 merek mobil memamerkan kendaraan listrik.

Ke-13 mobil tersebut adalah Audi, Daihatsu, Honda, Hyundai, Kia, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling. 

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022