Pelajar sekolah dasar (SD) mendominasi kompetisi "Surabaya Fun Run" sejauh 7,7 kilometer kategori putri yang digelar dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL).

Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Laksamana Pertama (Laksma) TNI Supardi menjelaskan kegiatan ini dibuka untuk umum yang terbagi dalam kategori putra dan putri. 

"Peserta termuda ada banyak siswa-siswi SD. Peserta tertua usia 86 tahun, Serma Lastaryo, bahkan tidak kelihatan keringatnya karena memang jaraknya kurang jauh," katanya kepada wartawan usai memberikan penghargaan kepada para pemenang di Surabaya, Sabtu.

Menurut dia, jarak tempuh kegiatan Surabaya Fun Run sejauh 7,7 kilometer, yang diberangkatkan dari kawasan Tugu Pahlawan Surabaya dengan ratusan peserta putra dan putri itu menyesuaikan dengan tema HUT ke-77 TNI AL. 

"Menurut saya memang jaraknya kurang jauh. Ke depan kami akan gelar lagi yang lebih jauh," ujar dia. 

Danlantamal Supardi mengaku, bangga karena dari kegiatan ini muncul bibit-bibit atlet lari jarak jauh yang diharapkan ke depan dapat meningkatkan prestasinya di tingkat nasional atau bahkan internasional. 

Khususnya di kategori putri karena peringkat 1, 2 dan 3 didominasi atlet yang semuanya masih duduk di bangku SD. 

Masing-masing adalah Amel Muharromah asal Surabaya, yang mencatatkan waktu tercepat 42 menit 37 detik. Juara kedua Anisa Riski Agustin asal Pandaan, Pasuruan, dengan catatan waktu 43 menit, 10 detik. Menyusul terpaut 15 detik di belakangnya Sekar Arum, asal Surabaya, yang merebut juara ketiga.
  
"Di samping menjaring bibit atlet lari, kegiatan ini untuk mendekatkan TNI AL dengan masyarakat. Karenanya ke depan kami akan semakin sering menggelar kegiatan serupa. Dengan begitu, semakin mengenal TNI AL, masyarakat akan turut mendorong pembangunan maritim," kata Danlantamal Laksma Supardi. 
 

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Abdul Hakim


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022