Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa memaparkan sejumlah tempat wisata di wilayahnya yang sangat diandalkan sebagai bagian dari keindahan alam Indonesia. 

"Berwisata tidak perlu ke luar negeri, banyak pilihan tempat wisata di Jawa Timur," katanya, melalui keterangan tertulis di Surabaya, Rabu.
  
Mengutip survei Majalah Forbes yang diterbitkan 22 Februari 2022, Indonesia menduduki peringkat pertama sebagai negara terindah di dunia, mengalahkan puluhan negara lainnya. 

Menurut survei tersebut, Indonesia yang memiliki lebih dari 17 ribu pulau mengantongi skor keindahan alam 7,77 dari 10. 

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu menyatakan sepakat dengan hasil survei Majalah Forbes. "Indonesia layak mendapatkan gelar sebagai negara terindah nomor satu di dunia," ucapnya. 

Lebih lanjut, Mantan Menteri Sosial itu mengajak masyarakat untuk berlibur di Indonesia saja, tidak perlu ke luar negeri. 

"Salah satu alasan kenapa kita perlu banyak-banyak bersyukur tinggal di Indonesia, tidak perlu jauh-jauh healing ke luar negeri. Sebab Indonesia punya banyak sekali destinasi wisata yang menawan, eksotik dan mendunia," tuturnya.

Khususnya di Jatim, Khofifah merekomendasikan tiga tempat wisata andalan, yaitu Gunung Bromo, yang berlokasi di Kabupaten Pasuruan, Probolinggo dan Malang, Kawah Ijen di Banyuwangi, dan Pulai Gili Iyang, Sumenep. 

"Di Gunung Bromo kita bisa menikmati pemandangan alam berupa kawah Bromo, yang dilengkapi dengan kawasan gunung dan perbukitan, serta hamparan padang savana nan indah," katanya.

Begitu juga dengan destinasi wisata Kawah Ijen yang memiliki keunggulan berupa fenomena Blue Fire yang diyakini sebagai satu-satunya di dunia. 

Di Pulau Gili Iyang, tidak hanya memiliki keindahan alam yang menawan tapi juga telah dinobatkan sebagai tempat dengan kadar oksigen terbaik kedua di dunia, selain laut mati di Jordania. 

"Jadi selain menikmati keindahan pantai yang indah, berwisata di Gili Iyang juga dijamin sehat karena kadar oksigennya termasuk salah satu yang terbaik di dunia," ujarnya. 

Gubernur Khofifah menandaskan, perbaikan dan pengembangan kawasan wisata di Bromo Tengger Semeru maupun di Kawah Ijen masih terus dilakukan. "Dua kawasan wisata itu masuk dalam program percepatan pembangunan ekonomi Jatim, sebagaimana tercantum dalam Perpres Nomor 80/2019 sebagai Proyek Strategis Nasional," katanya.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Chandra Hamdani Noor


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022