Pelatih bola voli Ibarsjah Djanu Tjahjono mengumumkan perpisahan dengan klub Samator Surabaya setelah sekitar 24 tahun menangani klub binaan sebuah perusahaan gas di Jatim itu. 

"Saya sudah tidak lagi menjadi pelatih klub Samator. Saya sudah keluar dan disetujui manajemen," ujar Ibarsjah kepada awak media di Surabaya, Kamis. 

Salah satu pelatih paling sukses yang pernah membawa Samator beberapa kali juara Proliga dan tim voli Jatim merebut medali emas PON itu mengaku sudah tiga kali mengajukan pengunduran diri kepada manajemen klub Samator.

Baca juga: Samator selangkah lebih dekat pertahankan gelar Proliga 2022

Surat pengunduran diri ketiga diajukan pada 5 Juli 2022 dan akhirnya disetujui manajemen klub pada 28 Juli 2022.

"Saya mengajukan (mundur) secara tertulis dan sudah dijawab manajemen klub (Samator)," kata pelatih bertubuh subur itu. 

Baca juga: Bungkam Jakarta BNI, Samator Juara Proliga Ketujuh Kalinya

Ibarsjah bercerita dirinya pertama kali menangani tim bola voli Samator Surabaya pada 1998. Saat itu, ia bersama teman-temanya menginisiasi dan bersepakat mendirikan klub voli Samator Surabaya. 

"Saya dan beberapa teman memulai dari nol. Sampai akhirnya menjadi klub besar di Indonesia," cerita Ibarsjah. 

Ibarsjah turut membangun klub Samator mulai dari bukan siapa-siapa hingga menjadi salah satu klub paling sukses di Tanah Air dengan segudang prestasi tingkat nasional dan internasional. Salah satunya Samator kini menjadi pemegang rekor juara terbanyak Proliga sebanyak tujuh kali (terakhir tahun 2019).

Baca juga: Juara Proliga dari masa ke masa

Samator juga melahirkan banyak pemain nasional, seperti Hadi Ismanto, Aris Risqon, Ayip Rizal, Joni Sugiyatno, Affan Priyo Wicaksono, Mahfud, hingga generasi yang eksis saat ini Rival Nurmulki, Rendy Tamamilang, Yudha Mardiansyah, dan Nizar Zulfikar.

Mengenai kelanjutan kariernya, Ibarsjah kini menangani klub bola voli binaannya yang akan ikut turnamen Piala Gubernur DKI Jakarta. "Pemainnya masih junior," tambahnya.

Selain itu, ia juga sudah dipinang salah satu klub Proliga, Sukun Badak, untuk menangani klub itu pada kompetisi musim depan.

"Secara lisan sudah oke. Rencana pekan depan ketemu manajemen Sukun Badak," tutup Ibarsjah.

Pewarta: Fiqih/DK

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022