Kedatangan Bupati Situbondo Karna Suswandi beserta istri usai menjalankan ibadah haji dari Tanah Suci Mekkah, Selasa, disambut keluarga dan pejabat Pemkab Situbondo, Jawa Timur.

Begitu turun dari mobil, Bupati dan Ibu Juma'ati Karna Suswandi disambut dengan lantunan shalawat.

Bung Karna (sapaan bupati), menceritakan saat ia dan rombongan berada di Mekkah. Semestinya rombongan menuju ke Madinah terlebih dulu, namun karena beberapa alasan akhirnya diputuskan untuk ke Mekkah terlebih dahulu.

"Awalnya ke Madinah dulu, tapi hasil rembukan di Jakarta karena di Madinah ramai, yang jelas akan kesulitan untuk ke Raudah dan lainnya. Akhirnya kami putuskan ke Mekkah," katanya.

Sesampainya di Mekkah, jamaah haji masih sepi sehingga rombongan yang diketuai Ny. Hj. Juwairiyah Fawaid ini bisa leluasa menjalankan rangkaian ibadah.

"Saat pertama sampai Mekkah, selama seminggu sangat sepi sekali sehingga kami leluasa berada di sana. Bisa di depan Multazam, ke Makam Nabi Ibrahim, dan lainnya," ujarnya.
 
Dari Tanah Suci Mekkah, Bupati Situbondo Karna Suwandi dan istri disambut pejabat pemda setempat, Selasa (19/7/2022). (ANTARA/Novi H)

Selama 30 hari di Mekkah, jadwal ke Madinah habis. Namun, rombongan jamaah meminta tambahan waktu lima hari untuk ke Madinah agar perjalanan ibadah haji lebih sempurna.

"Menunggu ibadah haji sampai 30 hari sehingga jadwal kami habis di sana. Tapi, teman-teman sepakat menambah lima hari di sana," katanya.

Bupati mengaku selama di Mekkah ibadah di Masjidil Haram dilakukan mulai pukul 02.00 hingga 08.00 waktu setempat karena jika siang hari hingga masuk shalat Ashar cuaca sangat panas mencapai 48 derajat Celcius.

"Jadi, dari pagi sampai siang hingga Ashar, saya shalat di hotel. Tapi, mulai pukul 02.00 dini hari sampai tiba waktu Dhuha, saya shalat di Masjidil Haram," kata bupati.

Hotel Marriot yang menjadi tempat menginap bupati dan rombongan tidak terlalu jauh dari Masjidil Haram, hanya berjarak 150 meter.

"Alhamdulillah, ibadah haji kami berjalan lancar. Kami melaksanakan ibadah umrah sebanyak enam kali. Wuquf di Arafah pun berjalan lancar," tuturnya.

Setiap malam Jumat, rombongan Bupati Karna Suswandi melaksanakan istighatsah, selanjutnya jamaah mengevaluasi kegiatan ibadah yang dipandu langsung Ny. Hj. Juwairiyah Fawaid.

"Evaluasi ini bertujuan agar semua ibadah yang dilakukan di Tanah Suci Mekkah berjalan dengan lancar dan sesuai rukun ibadah haji," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022