Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur melakukan normalisasi Kali Gogoh di Tropodo, Waru Sidoarjo sebagai bentuk antisipasi banjir tahunan yang kerap terjadi di sekitar daerah aliran sungai setempat.
 
Wakil Bupati Sidoarjo Subandi didampingi Plt. Kepala Dinas PUBMSDA Sidoarjo Dwi Eko dan Camat Waru Mahendra Rudi melakukan inspeksi mendadak kali Gogoh yang berada di daerah Tropodo, Jumat.
 
"Sungai tersebut mengalami pendangkalan sehingga kami meminta secepatnya lakukan normalisasi Kali Gogoh agar tidak terjadi banjir di wilayah Tropodo dan sekitarnya," ujarnya.
 
Ia mengatakan Kali Gogoh mengalami pendangkalan yang menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir di wilayah Tropodo dan sekitarnya.
 
Wabup melihat betapa Kali Gogoh mengalami pendangkalan dan tumbuh tanaman rumput liar yang tinggi. "Kali Gogoh merupakan sungai yang menghubungkan aliran air wilayah Tropodo ke muara laut," katanya.
 
Subandi juga melihat langsung ke tempat pabrik yang berbatasan dengan kali Gogoh. Di tempat tersebut, ia meminta pemilik pabrik supaya mengizinkan alat berat dapat melewati sekitar pabrik untuk melakukan kegiatan normalisasi.
 
"Saya memohon kepada PT. Teja Sekawan untuk mengizinkan alat berat bisa lewat pabrik ini dan mendukung normalisasi sungai agar ada celah bisa merawat atau membersihkan sungai-sungai tersebut yang kadang keruh atau buntu," katanya.
 
Wabup Subandi meminta Dinas PUBMSDA Sidoarjo untuk secepatnya melakukan normalisasi kali Gogoh.
 
"Diharapkan dalam bulan ini normalisasi dapat dilakukan supaya tidak terjadi banjir di wilayah Tropodo dan sekitarnya," ujarnya.
 
Kepala Desa Tropodo Khusaini membenarkan jika wilayahnya sering kali terjadi banjir karena Kali Gogoh mengalami pendangkalan.
 
"Di samping itu, Kali Gogoh berbatasan dengan pabrik-pabrik yang rapat sehingga normalisasi agak susah dilakukan," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022