Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengingatkan jamaah calon haji untuk menjaga kesehatan karena suhu di Mekkah dan Madinah bisa mencapai 50 derajat Celcius.

"Karena berdasarkan informasi yang kami terima bahwa suhu di Mekkah dan Madinah bisa mencapai 45-50 derajat Celcius. Jaga daya tahan tubuh semua jamaah agar semua rukun haji bisa dilaksanakan dengan baik," katanya di sela pemberangkatan 445 calon haji Kabupaten Pasuruan dari kloter 17, Rabu.

Tak hanya kepada para jamaah, Gus Irsyad (sapaan akrabnya) juga meminta para petugas agar 100 persen melayani para jamaah, bukan malah melaksanakan ibadah haji hingga melupakan tugasnya dalam mendampingi jamaah.

"Petugas itu diberangkatkan untuk melayani para jamaah. Bukan untuk ibadah seperti jamaah lainnya. Untuk itu saya minta agar jamaah bisa dibantu sepenuhnya. Saya minta update data kondisi jamaah setiap hari," ujarnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasuruan Syaikhul Hadi menjelaskan jamaah dari kloter 17 ini harus tiba di Asrama Haji Sukolilio Surabaya.

Setelah tiba, mereka akan menginap selama satu hari untuk selanjutnya mereka akan terbang menuju Arab Saudi keesokan harinya, yakni Kamis (16/6) pagi sekitar pukul 06.55 WIB.

"Jamaah ini akan terbang menuju Arab Saudi pada hari Kamis pagi pukul 06.55 WIB. Sehingga para jamaah memang diberangkatkan hari ini," ujarnya.

Ia mengatakan total jamaah calon haji asal Kabupaten Pasuruan yang berangkat menunaikan Rukun Islam kelima sebanyak 657 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 24 jamaah sudah berangkat pada Minggu (12/6). Kemudian 188 jamaah kloter 16 yang diberangkatkan pada Senin (13/6) dan 445 jamaah berangkat hari ini.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022