PT Perikanan Indonesia, sebagai bagian dari BUMN bidang perikanan memastikan pasokan ikan konsumsi harian rumah tangga saat Ramadhan aman sehingga masyarakat tidak perlu khawatir hingga menimbun produk perikanan yang dikhawatirkan mengakibatkan kelangkaan pada ikan jenis tertentu.

"Masyarakat tidak perlu panik terkait suplai dan harga ikan jelang Ramadhan karena suplai terjamin, seperti di Pasar Ikan Modern Muara Baru Jakarta yang memiliki 757 lapak basah atau lapak yang menjual ikan segar setiap harinya,” kata Direktur Utama PT Perikanan Indonesia Sigit Muhartono dalam siaran persnya yang diterima di Surabaya, Kamis.

Sigit mengatakan produk hasil laut merupakan substitusi atau pengganti dari komoditas daging dan unggas yang turut diburu menjelang bulan puasa dan hari raya Idul Fitri.

Sebagai pengelola Pasar Ikan Modern Muara Baru Jakarta, PT Perikanan Indonesia juga memastikan suplai ikan mampu mencukupi permintaan yang melonjak mendekati hari puasa.

Sigit mengatakan PT Perikanan Indonesia terus berupaya meningkatkan penangkapan ikan melalui tiga cara, yakni menyerap hasil tangkapan para nelayan (off take), menangkap ikan dengan kapal milik sendiri dan menangkap ikan bekerja sama dengan pemilik kapal besar.

Total produksi tangkapan ikan PT Perikanan Indonesia pada kuartal I/2022 (data hingga 10 Maret 2022) sebanyak 1.609,6 ton. Adapun rinciannya produksi pada Januari sebesar 660,5 ton, Februari 750,2 ton dan awal Maret sebanyak 208,7 ton.

Tangkapan ikan berasal dari beberapa kantor cabang PT Perikanan Indonesia yang merupakan lumbung ikan perusahaan. Tangkapan ikan berasal dari beberapa daerah di antaranya di Jakarta, Belawan, Padang, Pekalongan, Tegal, Brondong, Surabaya, Pemangkat, Benoa, Makassar, Ambon, Bitung, Bacan, Sorong, dan Gorontalo.

Sementara itu, beberapa komoditas ikan berdasarkan data Perikanan Indonesia mengalami kenaikan harga sekitar Rp1.000—Rp2.000 per kilogram. Kenaikan harga ini juga diakui para pedagang ikan, dan tidak berpengaruh terhadap permintaan.

Jenis ikan yang naik merupakan golongan ikan konsumsi harian rumah tangga seperti ikan kembung, ikan layang, ikan cakalang dan ikan tongkol. Pada awal tahun, harga ikan cakalang tercatat Rp16.000 per kilogram.

Namun mendekati Ramadhan, harga ikan cakalang merambat naik menjadi Rp17.000 per kilogram, serta ikan kembung, dari harga awal Rp30.000 per kilogram kini menjadi Rp31.000 dan diprediksi menyentuh Rp32.000 per kilogram dalam waktu dekat.

PT Perikanan Indonesia, kata dia, akan terus memantau pergerakan harga ikan di Pasar Ikan Modern Baru agar stabil. PT Perindo juga turut bekerja sama dengan Badan Pangan Nasional serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022