Berikut ini adalah kabar terbaru terkait pandemi COVID-19 dari berbagai belahan dunia.

Asia-Pasifik

* Australia dapat memanfaatkan tentara untuk membantu mengatasi lonjakan kasus COVID-19 di sektor perawatan lansia yang membuat sistem kesehatan kekurangan staf dan banyak keluarga terpaksa menjalani isolasi mandiri, kata perdana menteri negara itu pada Jumat, ketika penambahan kasus secara nasional terus menunjukkan penurunan.

* Sebanyak 21 kasus COVID-19 ditemukan pada 3 Februari di kalangan personel Olimpiade Beijing 2022, turun dari 55 kasus pada hari sebelumnya, kata panitia penyelenggara menjelang acara pembukaan pada Jumat.

* Korea Selatan pada Jumat memperpanjang pembatasan COVID-19 selama dua pekan ketika kasus varian Omicron meningkat, termasuk pembatasan jam buka restoran hingga pukul 21.00 dan kehadiran maksimal enam orang dalam pertemuan pribadi.

* Angka kematian akibat COVID-19 di India melewati 500.000 orang pada Jumat. Jumlah itu menurut para pakar kesehatan telah terlampaui tahun lalu namun dikaburkan oleh survei-survei yang tidak akurat dan kematian yang tidak dilaporkan di pedalaman --tempat jutaan orang masih rentan terinfeksi.

* Malaysia mulai meluncurkan program vaksinasi massal bagi anak-anak usia 5-11 tahun.

* Hong Kong mengatakan akan memperpanjang kebijakan bekerja dari rumah bagi pegawai negeri ketika para pejabat kesehatan memperingatkan langkah-langkah yang lebih ketat akan diberlakukan di tengah memburuknya wabah.

Timur Tengah dan Afrika

* Afrigen Biologics di Afrika Selatan telah menggunakan urutan genom publik dari vaksin COVID-19 berbasis mRNA buatan Moderna untuk membuat vaksin sendiri. Vaksin itu akan diuji pada manusia sebelum akhir tahun ini.

* Arab Saudi mengatakan warga negaranya akan diminta untuk mendapatkan suntikan dosis penguat agar dapat pergi ke luar negeri mulai 9 Februari, kata media pemerintah.

Amerika

* American Express Co mengatakan pada Kamis(3/2)  pihaknya akan meminta karyawannya di New York untuk bekerja di kantor minimal sekali sepekan mulai bulan depan. Bank milik New York Mellon Corp juga meminta karyawannya untuk kembali bekerja di kantor mulai 7 Maret di sejumlah wilayah jika situasi memungkinkan.

* Pemerintah Kanada tidak akan mengerahkan tentara untuk menghadapi sopir-sopir truk yang sudah hampir sepekan melakukan protes --untuk menentang wajib vaksin-- dan menimbulkan kemacetan di Ottawa tengah, kata Perdana Menteri Justin Trudeau pada Kamis.

Eropa

* Para ahli kesehatan Jerman berbeda pendapat tentang apakah negara itu siap melonggarkan pembatasan COVID-19 ketika negara-negara tetangga mulai melakukannya.

* Selama pandemi, total kasus COVID-19 di Prancis telah melampaui angka 20 juta, menurut data kementerian kesehatan.

* Majelis tinggi parlemen Austria mengesahkan rancangan undang-undang yang mewajibkan vaksin COVID-19 bagi warga dewasa. Keputusan itu membuat Austria menjadi negara pertama di Uni Eropa yang mewajibkan vaksin.

Perkembangan Medis

* Novavax Inc mengatakan pada Kamis vaksin COVID-19 dua-dosis yang dikembangkannya telah mendapatkan izin sementara dari regulator obat-obatan Selandia Baru untuk digunakan pada orang dewasa.

* Inggris menyetujui penggunaan vaksin COVID-19 Novavax bagi orang dewasa. Novavax menjadi vaksin COVID-19 kelima yang dipakai di negara itu.

* Harga obat untuk perawatan pasien COVID-19 yang berisiko mengalami penyakit parah "cukup sesuai" dengan manfaatnya bagi pasien, menurut draf laporan Institute for Clinical dan Economic Review.

Sumber: Reuters

Pewarta: Anton Santoso

Editor : Abdullah Rifai


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022