Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur meluncurkan Mal Pelayanan Publik (MPP) virtual dalam sebuah aplikasi yang diberi nama Sipraja versi 3.0 sebagai bagian dari peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor mengatakan peluncuran aplikasi Sipraja 3.0 sebagai kado Hari Jadi ke-163 Kabupaten Sidoarjo.

"Mal Pelayanan Publik virtual Sipraja 3.0 upgrading atau pengembangan aplikasi dari versi 2.0. Pada layanan Sipraja versi 3.0 ini ada tambahan layanan instansi vertikal, seperti layanan konsultasi hukum virtual dengan instansi Kejaksaan Negeri Sidoarjo," ujarnya di Sidoarjo, Senin.

Ia mengatakan dalam aplikasi Sipraja 3.0 juga terintegrasi layanan SKCK dalam jaringan dari Polresta Sidoarjo, layanan ZNT (Zona Nilai Tanah) dari instansi Badan Pertahanan Nasional (BPN), layanan paspor, layanan pembayaran tagihan air PDAM, layanan pembayaran tagihan listrik PLN.

"Juga ada layanan pengiriman barang dan surat PT Pos Indonesia, layanan pembayaran pajak kendaraan Samsat Jatim (Bapenda Jatim), layanan perbankan Bank Jatim," jelasnya.
 
Kemudian ada layanan perbankan BPR Delta Artha, layanan tagihan Telkom, layanan BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Serta layanan Instansi Pemkab Sidoarjo, seperti Dispendukcapil, Dinas Kesehatan, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Sosial yang membuka layanan lapor bantuan sosial dan layanan Dinas Komunikasi dan Informatika yang melayani pengaduan 24 jam.

"Mal Pelayanan Publik virtual Sipraja 3.0 ini semakin mendekatkan layanan pemerintah kepada masyarakat. Ini adalah jawaban bahwa pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat melalui kemudahan kanal di setiap sisi pelayanan,” ujar Muhdlor.

Penandatanganan komitmen dalam peningkatan MPP virtual pada layanan Sipraja 3.0 dilandasi dengan penandatanganan kerja sama antara Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor dengan instansi vertikal terkait, yakni Polresta Sidoarjo, Kejari Sidoarjo, Pengadilan Negeri Sidoarjo, PT Pos Indonesia, PDAM, Bapenda Jawa Timur, Kantor Imigrasi Khusus Kelas 1 Surabaya, KCU Bank Jatim Sidoarjo, dan BPN Sidoarjo.

Proses penandatangan kerja sama dilakukan di Pendopo Delta Wibawa pada acara resepsi selepas upacara Hari Jadi ke-163 Kabupaten Sidoarjo di alun-alun.

Bupati Mudlor berharap Sidoarjo yang menginjak usia 163 tahun ini memberikan pelayanan yang transparan, cepat dan akuntabel.

Oleh karenanya, Muhdlor mendorong jajaran ASN serta mengajak para pemangku kepentingan saling berkolaborasi dalam rangka melayani masyarakat.

"Sidoarjo di usia ke 163 bisa memberikan pelayanan yang optimal kepada warganya. Pelayanan yang baik, cepat, transparan dan siaga. Pemerintah harus hadir di tengah-tengah masyarakat," ujarnya.

Bupati menimpali, "target pembangunan yang sudah direncanakan pada tahun 2022 akan kita tuntaskan karena masih banyak PR Sidoarjo ini yang butuh penyelesaiannya dengan cepat. Seperti mengurai kemacetan, penataan taman-taman, penanganan banjir jangka panjang, infrastruktur jalan beton dan peningkatan SDM, itu semua butuh percepatan."

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022