Pengamat politik sekaligus akademisi Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam menilai Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merupakan kandidat yang patut diperhitungkan pada kontestasi Pemilihan Presiden 2024.

"Dia memiliki modal kuat untuk menjadi kandidat," ujar Surokim dihubungi dari Surabaya, Selasa.

Menurut ia, jabatan Ridwan Kamil yang saat ini sebagai orang nomor satu di Pemprov Jabar sangat strategis karena memimpin di wilayah yang memiliki jumlah pemilih terbesar di Indonesia.

Selama ini, kata Surokim, Ridwan Kamil dikenal para kaum milenial yang aktif di media sosial, sebab aktivitas dan cuitan disebutnya kerap menarik perhatian yang sebagian besar pemilih pemula.

Sementara itu, Ridwan Kamil dijadwalkan pada pekan ini berkunjung ke Jawa Timur dan melakukan kegiatan ke beberapa daerah.

Tokoh yang akrab disapa Kang Emil itu dijadwalkan mengunjungi lima daerah, yaitu Surabaya, Jombang, Bangkalan, Kota Kediri, dan Kabupaten Kediri. 

Surokim yang juga Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya UTM tersebut menilai kunjungan itu akan berpengaruh terhadap tingkat popularitas dan elektabilitas Ridwan Kamil.

Pada sisi lain, ia berpendapat saat ini semua calon masih memiliki peluang dan dukungan politik terhadap kandidat sangat dinamis. (*) 
 

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2022