Jumlah rumah yang rusak berat hingga ringan akibat gempa bumi dengan magnitudo 5,0 di Kabupaten Jember, Jawa Timur, bertambah menjadi 38 rumah pada Kamis sore, dari sebelumnya sebanyak 29 rumah.

"Total sementara rumah yang rusak akibat gempa mencapai 38 rumah yang terdiri 28 rumah rusak ringan, sembilan rumah rusak sedang, dan satu rumah rusak berat," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo di kabupaten setempat, Kamis malam.

Menurutnya, rumah yang rusak tersebut tersebar di enam kecamatan, yakni Kecamatan Ambulu, Tempurejo, Silo, Puger, Wuluhan, dan Sukorambi. Namun, pendataan rumah rusak terus dilakukan oleh petugas di lapangan.

"Wilayah yang terdampak gempa, yakni empat desa di Kecamatan Ambulu, tiga desa di Kecamatan Tempurejo, satu desa di Kecamatan Silo, dua desa di Kecamatan Puger, tiga desa di Kecamatan Wuluhan, dan satu desa di Kecamatan Sukorambi," tuturnya.

Selain rumah, gempa juga menyebabkan sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan ringan, yakni di pondok pesantren dan balai Desa Wonoasri.

"Jumlah korban yang mengalami luka-luka juga bertambah dari empat orang, kini menjadi enam orang dengan rincian empat orang luka ringan dan dua orang mengalami luka sedang yang sudah mendapat perawatan dari tim medis," katanya.

Heru mengatakan data lokasi yang terdampak gempa bumi kemungkinan masih dapat berkembang berdasarkan laporan masyarakat dan pendataan yang dilakukan di lapangan oleh relawan BPBD Jember.

"Saya mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujarnya.

Ia juga mengimbau agar warga menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa, kemudian warga untuk memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Gempa bumi tektonik dengan magnitudo 5,0 terjadi di wilayah selatan Jawa Timur yang berpusat pada koordinat 8,55 derajat Lintang Selatan - 113,48 derajat Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 43 km arah barat daya Kota Jember pada kedalaman 26 km yang diperkirakan dipicu oleh aktivitas sesar aktif di dasar laut.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021