Kemudahan akses pelayanan baik di fasilitas kesehatan maupun di kantor BPJS Kesehatan bagi Peserta JKN-KIS merupakan prioritas utama BPJS Kesehatan.

Anisa Eka Pratiwi telah merasakan kemudahan akses pengurusan administrasi kepesertaan di kantor BPJS Kesehatan melalui loket Pelayanan Prioritas.

Pelayanan Prioritas adalah pelayanan administrasi dan pengaduan tanpa antrian bagi peserta lanjut usia, wanita hamil, ibu yang membawa bayi atau balita, penyandang disabilitas dan peserta dalam kondisi kurang sehat atau sakit. 

“Saya ke sini untuk melakukan perubahan data, pindah fasilitas kesehatan dan penambahan anggota keluarga baru. Karena saya sedang hamil, maka saya diberikan jalur prioritas. Mudah dan nyaman menurut saya. Ketika awal masuk langsung dilayani oleh satpam, petugasnya mulai dari depan juga membantu mengarahkan jadi saya tidak bolak-balik. Di loket juga enak dan pelayanannya ramah, jelas dan cepat,” terang Anisa.

Warga Taman Sidoarjo ini mengapresiasi terobosan-terobosan pelayanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan bagi Peserta JKN-KIS. Tidak hanya pelayanan administrasi secara tatap muka pada umumnya, tapi juga pelayanan prioritas dan pelayanan online melalui Pandawa (Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp), Aplikasi Mobile JKN dan Care Center 165.

“Mobile JKN saya gunakan untuk mengecek kepesertaan saya. Pastinya ya lebih enak ya kalau semua bisa lewat aplikasi juga. Pelayanan lebih mudah dan lebih cepat. Ini yang perlu kita informasikan ke masyarakat, bahwa pakai JKN-KIS itu sekarang sudah mudah,” tambahnya.

Anisa berharap dengan banyaknya pemberian informasi tentang kemudahan menjadi Peserta JKN-KIS baik untuk mendapatkan pelayanan kesehatan maupun pelayanan administrasi di kantor BPJS Kesehatan dapat menarik minat masyarakat untuk bergabung dalam Program JKN-KIS. Pun untuk yang telah menjadi peserta dapat memaksimalkan haknya sebagai Peserta JKN-KIS. Sehingga kedepannya tidak ada lagi Peserta JKN-KIS yang merasa kesulitan mengakses layanan kesehatan

“Yang utama, jangan ragu pakai JKN-KIS. Sekarang sudah mudah dan tidak ribet seperti dulu. Pelayanan BPJS Kesehatan sudah bagus. Di fasilitas kesehatan juga sudah bagus,” tutup Anisa. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021