Film berjudul Sekar yang merupakan karya dosen Program Studi Televisi dan Film Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jember Muhammad Zamroni akan tayang di bioskop Cinema Mall Jember jelang akhir tahun 2021.

Film bergenre drama itu bercerita tentang hubungan pasangan suami isteri yang baru dua tahun menikah, namun ada orang ketiga yang terlibat di dalamnya.

Sinopsis film menceritakan tentang pernikahan Sekar (Leala Wulandari) dan Galang (Raditya Wisnu) telah berjalan dua tahun, kemudian Galang perlahan mulai mencintai Sekar, namun ia tidak mendapatkan hal serupa dari Sekar. 

Sekar justru semakin dalam mencintai Widhi (Zefri Iman), kekasih yang harus ia tinggalkan akibat perjodohannya dengan Galang. Tanpa sepengetahuan Sekar, Galang mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, dan membuat sebuah keputusan yang tidak pernah terpikirkan oleh Sekar hampir di sepanjang hidupnya.

"Di film itu tidak hanya membahas cinta dari sudut pandang rasa, emosi, tapi juga dari sudut pandang rasional," kata penulis sekaligus sutradara film Sekar, Muhammad Zamroni di Jember, Sabtu.

Sebelumnya, ide cerita film Sekar ditulis pada tahun 2015 oleh Muhammad Zamroni, melalui risetnya sendiri dan mengembangkan cerita dengan waktu yang begitu panjang, sampai akhirnya diproduksi pada Maret 2021.

Ia mengatakan proses pencarian talent untuk memerankan tokoh dalam film Sekar melalui seleksi yang cukup ketat, dari 4 karakter utama, sejumlah 70 orang pendaftar dari berbagai macam daerah seperti Surabaya, Malang, Yogyakarta dan dari daerah Tapal Kuda Jawa Timur untuk mengikusi proses casting. 

Proses itu tidak disia-diakan oleh crew untuk menyajikan tokoh-tokoh yang berkarakter kuat dan mampu berperan dengan baik dalam film Sekar. 

"Buat semuanya jangan sampai tidak lihat film itu, adegan-adegannya, karakter-karakternya, emosi yang ada disitu, wah pokoknya rugi kalau tidak menonton," kata Riza Wahyu yang memerankan Yu Sinto.

Film Sekar menjadi persembahan karya di penghujung tahun 2021 dari Empatbelas Project dan segera tayang di Bioskop Kota Cinema Mall Jember dengan tetap mematuhi sejumlah protokol kesehatan ketat. 

Sebelumnya, sejumlah film karya Empatbelas Project juga telah mendapatkan apresiasi di tingkat nasional maupun internasional, seperti Official Selection Jogja Netpac Asian Film Festival 2017 untuk film Ji Dullah, Official Minikino Film Week, Bali International Short Film festival 2019 untuk Film Rosa dan Official Selection Balinale International Film Festival 2021 serta Best Asian Film - Jharkhand International Film Festival 2020 untuk film Rawuh.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021