Ikatan Istri Partai Golkar (IIPG) menyalurkan bantuan dari pengurus pusat untuk warga terdampak awan panas guguran Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

“Kami menyalurkan bantuan dari pengurus IIPG pusat yang diketuai ibu Yanti Airlangga," ujar Ketua IIPG Jatim, Luluk Maqnuniah Sarmuji, melalui keterangan pers diterima di Surabaya, Jumat.

Pihaknya bahkan telah menyerahkan sejumlah bantuan ke warga membutuhkan di kawasan Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Rombongan IIPG dan DPD Partai Golkar mengunjungi dua posko bantuan, masing-masing di rumah salah seorang anggota DPRD Fraksi Partai Golkar Kabupaten Lumajang, Bambang Riyanto.

Selanjutnya rombongan mengunjungi posko kedua di salah satu rumah warga dan membagikan bantuan berupa makanan siap saji, sembako dan obat-obatan kepada kurang lebih 150 orang warga terdampak.

Donasi yang terkumpul dari ibu-ibu pengurus IIPG pusat dan IIFPG (Ikatan Istri Fraksi Partai Golkar) DPR-RI dirupakan antara lain dalam bentuk sembako, obat-obatan, pelengkapan mandi, kasur lipat, selimut, baju layak pakai, juga kebutuhan ibu-ibu dan balita, seperti pembalut, diapers serta susu.

“Yang kami bagikan sekarang hanya sebagian kecil dari total keseluruhan bantuan yang kami berikan. Bantuan akan kami distribusikan secara bertahap, berkoordinasi dengan perangkat desa,” kata dia.

Pada Sabtu (4/12) sore terjadi peningkatan aktivitas Gunung Semeru yang mengeluarkan awan panas dan berdampak pada daerah di sekitar gunung setinggi 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) tersebut.

Ratusan warga terpaksa harus mengungsi ke berbagai tempat aman untuk menghindari awan panas di gunung api tertinggi di Pulau Jawa itu. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021