Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mengirim tim relawan dan bantuan paket sembako untuk warga terdampak bencana alam letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

"Ini adalah duka kita semua. Semua harus bergerak cepat membantu. Kami sebagai tetangga dekat Lumajang, berkewajiban untuk membantu saudara kami di sana. Bertahap bantuan akan kami salurkan. Saat ini apa yang bisa kami bantu, kami kirim lebih dulu, terutama tenaga relawan," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Banyuwangi, Senin.

Menuru dia, tim Banyuwangi Peduli Semeru tersebut telah diberangkatkan ke Lumajang pada Minggu (5/12) dan dilepas oleh Sekretaris Daerah Mujiono.

Ipuk merinci tim tersebut terdiri atas tenaga kesehatan, Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Banyuwangi Mujiono menjelaskan tim Banyuwangi Peduli Semeru terdiri atas lima personel BPBD serta satu truk tangki air bersih, satu mobil sembako dan alat pelindung diri (APD), 10 personel Taggana, empat personel tenaga kesehatan, satu mobil rescue, satu ambulans, dan satu mobil dapur umum.

"Untuk dapur umum, Banyuwangi telah menyiagakan dan mengirimkan ke Lumajang, namun menunggu assesment dari BPBD Pemprov Jatim. Khusus untuk dapur umum telah menyiagakan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan oleh BPBD Jatim,' kata Mujiono.

Sekda Mujiono berpesan agar para tim relawan Banyuwangi bisa berkoordinasi dengan baik bersama para tim BPBD Jawa Timur.

"Koordinasi yang baik dengan tim yang ada di Lumajang. Patuhi perintah, dan yang terpenting selalu jaga keselamatan dan kesehatan," tuturnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021