Pengurus DPD Partai Golkar Jawa Timur melakukan kunjungan silaturahim sekaligus takziyah ke kediaman keluarga salah seorang veteran (alm) Kolonel TNI (Purn) Suharto Sunaryo di kawasan Jalan Hayam Wuruk Surabaya.

“Beliau dulu ikut berjuang mempertahankan Kemerdekaan RI. Kami juga mengucapkan duka cita atas wafatnya beliau beberapa hari lalu,” ujar Ketua DPD Partai Golkar Jatim M. Sarmuji kepada wartawan di Surabaya, Kamis.

Almarhum yang merupakan perwira menengah tersebut wafat pada 4 November 2021 akibat sakit usai dirawat di RSAL Surabaya.

Selama hidup, Suharto Sunaryo pernah menduduki jabatan militer dan politik di era orde baru, antara lain  Ketua Fraksi ABRI Kabupaten Pasuruan, Ketua DPRD Kabupaten Lumajang, termasuk Ketua DPRD Kota Mojokerto.

Sedangkan di karir militernya pernah menjabat Kasdim Probolinggo dan Dandim Situbondo.

“Tadi kami ditunjukkan oleh keluarga mengenai beberapa penghargaan yang diterima almarhum di antaranya gelar kehormatan berupa tanda jasa Veteran Pembela Kemerdekaan RI, dan Satya Lancana Kesetiaan,” kata Sarmuji.

Sementara itu, selain untuk menghormati jasa pejuang di momentum Hari Pahlawan, takziah juga diharapkan dapat mengambil hikmah dari perjalanan Suharto selama hidup, khususnya berjuang membela Tanah Air.

“Bagaimanapun juga kami semua yang lebih muda ini mewarisi semangat perjuangannya. Beliau sudah terbukti berjuang tanpa pamrih dan tidak mengenal lelah untuk kejayaan kedaulatan Republik yang kita cintai ini,” tutur Sarmuji.

Pada kesempatan sama, anggota DPR RI itu menyerahkan bantuan ke keluarga almarhum berupa uang tunai dan paket sembako.

Turut mendampingi beberapa pengurus partai, seperti Wakil Ketua bidang organisasi Heri Sugihono, Bendahara Blegur Prijanggon, Wakil Ketua bidang media dan penggalangan opini (MPO) Meulila Osman, dan Wakil Ketua KumHAM RB Zainal Arifin. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021