Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Jawa Timur mengapresiasi soliditas pengurus seluruh kabupaten/kota di wilayah provinsi setempat, termasuk dukungan pelaksanaan muktamar di Surabaya.

"Muktamar di Surabaya dihadiri pengurus wilayah IPHI se-Indonesia dan pemilihan ketua umum terlaksana dengan aklamasi," ujar Ketua IPHI Jatim Emil Elestianto Dardak, di sela Rapat Koordinasi Wilayah IPHI se-Jatim di Surabaya, Sabtu.

Emil Dardak juga menegaskan bahwa IPHI Jatim telah melakukan komunikasi dengan pengurus wilayah lain di Indonesia hingga diperoleh pernyataan tertulis.

Pada kesempatan tersebut, Emil Dardak yang juga Wakil Gubernur Jatim itu berharap kepengurusan IPHI dapat berjalan sehat dan aktif demi keberlangsungan organisasi secara keseluruhan.

Hal tersebut, kata dia, sangat penting mengingat IPHI merupakan wadah para alumni maupun calon peserta haji untuk berkomunikasi dan memaknai amalan haji.

"Semoga struktur kepengurusan ini akan membawa dampak baik bagi roda organisasi. Karena IPHI harus terus berjalan aktif mengingat sebagai wadah anggotanya menjaga kemabruran haji," ucap dia.

Sementara itu, mantan Bupati Trenggalek tersebut menyampaikan rakorwil harus rutin dilakukan demi menjaga silaturahim dan semangat beribadah bagi anggotanya.

Dalam rakorwil tersebut, IPHI Jatim akan menggali ide-ide dan isu yang akan bisa dilaksanakan pada Tahun 2022.

"Rakorwil ini sekaligus memastikan kalau kita bersinergi dan saling terhubung dalam tanggung jawab di IPHI," kata dia.

Rakorwil IPHI Jatim diikuti 38 peserta yang salah satu agendanya mendiskusikan tentang anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi.

Selain itu, peserta juga mendiskusikan persiapan tentang haji dan umrah pascapandemi, termasuk rencana vaksinasi calon haji dan pelatihan yang harus dirancang pengurus kabupaten/kota.

Turut hadir secara daring Ketua Umum Pengurus Pusat IPHI Ismet Hasan Putro serta Ketua Dewan Pembina IPHI sekaligus Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021