Panglima Kodam (Pangdam) V/Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto melakukan ziarah ke makam Presiden Pertama sekaligus Proklamator RI Soekarno di Kota Blitar, Jawa Timur, dalam rangkaian peringatan HUT Ke-76 TNI.

"Kami ziarah ini dalam rangkaian HUT. Disamping di makam Ir Soekarno, di Jatim dilaksanakan di makam almarhum Presiden Keempat, KH Abdurrahman Wahid," kata Pangdam di Blitar, Senin.

Dalam ziarah itu, Pangdam dan rombongan juga didampingi forkopimda Kota dan Kabupaten Blitar. Untuk Gubernur Jatim tidak bisa ikut serta karena sedang di Papua.

"Forkopimda lengkap, ada Wali Kota dan Bupati, semuanya ikut bergembira bersyukur terkait dengan besok kami prajurit TNI akan memperingati Hari Ulang Tahun Ke-76 TNI," tutur dia.

Ia juga mengatakan, peringatan tetap digelar namun dengan protokol kesehatan yang ketat karena saat ini masih pandemi COVID-19.

"Walaupun secara umum Jatim sudah sangat baik, tapi kami tetap menggelar kegiatan dengan hikmat dan sederhana, tetap memperhatikan protokol kesehatan," kata dia.

Terkait kegiatan dalam rangkaian peringatan HUT Ke-76 TNI tersebut, di antaranya dengan pemberian bahan pokok kepada yang membutuhkan serta melakukan vaksinasi COVID-19 secara massal. Ada sekitar 65 ribu sasaran peserta yang akan ikut vaksinasi dalam peringatan HUT Ke-76 TNI ini di Jatim.

Untuk lokasinya, kata dia, juga beragam di antaranya di Makodam V/Brawijaya, Lanud Abdulrachman Saleh, Lanud Iswahyudi dan beberapa lokasi lainnya.

Dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut juga bersinergi dengan pemerintah daerah termasuk dari Polri. Dengan itu, diharapkan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan sasarannya.

Dalam kunjungannya ke Blitar, rombongan Pangdam juga didampingi dari pimpinan kesatuan (AD, AL dan AU). Rombongan datang ke lokasi makam Bung Karno di Blitar di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar dengan protokol kesehatan yang ketat.

Setelah tiba di makam, rombongan juga langsung melakukan doa bersama di area makam Bung Karno, Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan menabur bunga di makam. Dan, rombongan selanjutnya meninggalkan lokasi makam.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021