PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk sebagai subholding gas PT Pertamina (Persero) meraih tiga penghargaan pada ajang Indonesia Human Capital Award (IHCA) VII Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Economic Review. Penghargaan itu diterima atas keberhasilannya dalam pengelolaan dan pengembangan sumber daya perusahaan.

Ketiga penghargaan itu masing-masing The Best of IHCA of The Year 2021 (Platinum Award) in Public Company, The Best Indonesia - HC Senior Leader of The Year 2021 in Public Company yang diberikan kepada Group Head Human Capital Management PGN Baskara Agung Wibawa, dan For Overall Industries.

"Penghargaan ini merupakan apresiasi bagi PT Perusahaan Gas Negara Tbk dalam hal pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) untuk mendukung peningkatan kinerja perusahaan melalui kolaborasi dan digital experience," jelas Direktur SDM dan Panunjang Bisnis PGN Beni Syarif Hidayat dalam siaran pers diterima di Surabaya, Kamis.

Dewan juri IHCA 2021 beranggotakan Perbanas Institute, NBO Group, Thomas International, Indonesia Asia Institute, Gerakan Nasional Indonesia Kompeten, Universitas Al Azhar Indonesia, Perempuan Pemimpin Indonesia, dan Pemimpin Nusantara Bersatu.

Penyerahan penghargaan diselenggarakan secara luring dari Yogyakarta dan daring melalui zoominar nasional SDM dengan tema Managing People Collaboration through HC Data Analytics & Technology Savvy in Complex Era pada 17 September 2021.

Menurut Beni, pandemi COVID-19 tidak menghentikan langkah perusahaan dalam mengelola dan mengembangkan perwira PGN untuk terus maju dan berkembang mencapai visi dan misinya. 

"PGN beradaptasi dengan cepat terhadap penggunaan teknologi untuk mengembangkan kompetensi. Meski banyak kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) dilakukan secara online, namun tetap dapat berjalan efektif menjangkau pekerja di berbagai wilayah operasi," ujar Beni.

Beni mengungkapkan, proses learning juga lebih fleksibel dan kanal pembelajaran terbuka lebih luas. Bahkan, terdapat peningkatan jam pembelajaran di lingkungan subholding gas grup. Pada tahun 2020, total jam pembelajaran sekitar 44.448, terus meningkat menjadi sekitar 52.142 jam sampai triwulan kedua tahun 2021

Ia menambahkan program pengelolaan dan pengembangan sumber daya manusia di PGN ditujukan untuk mendukung keberhasilan perusahaan. Apalagi kini perusahaan telah bertransformasi menjadi bagian dari holding migas Pertamina. 

Pewarta: Willy Irawan/DK

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021