Klinik NU Bina Jasmani Situbondo, Jawa Timur, memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Ke-76 Kemerdekaan RI, terhitung sejak 17 hingga 20 Agustus 2021.

Koordinator Pelayanan Medis Klinik NU Bina Jasmani Situbondo dr. Dyan Jannatul Firdausiyah di Situbondo, Rabu, mengatakan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat berlangsung hingga tiga hari ke depan.

"Jadi, sejak Selasa (17/8) kemarin kami sudah memberikan pelayanan gratis kepada masyarakat. Alhamdulillah, warga sekitar klinik antusias cek kesehatan," kata Dyan.

Ia menjelaskan bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan gratis, mulai pemeriksaan dan pengobatan, klinik milik NU itu mulai buka atau jam operasional pukul 07:00 hingga 21:00 WIB. Sedangkan untuk Unit Gawat Darurat (UGD) tetap buka 24 jam.

Katanya, untuk poli umum mulai pemeriksaan dan pengobatan gratis bisa dimanfaatkan oleh warga. Sedangkan poli gigi, untuk sementara hanya melayani konsultasi, karena Persatuan Dokter Gigi Indonesia belum mengizinkan praktik poli gigi di masa pandemi.

"Poli gigi hanya bisa konsultasi karena masa pandemi dan pelayanan konsultasi poli gigi dibuka setiap hari mulai pukul 17:00 hingga 19:00 WIB. Jadi, masyarakat yang datang memanfaatkan layanan kesehatan gratis empat hari, rata-rata mereka mengeluh pusing dan linu-linu," katanya.
 
Klinik NU Bina Jasmani Situbondo, Rabu (18/8/2021). (ANTARA/Novi H)

Sementara itu, Ketua Lembaga Kesehatan NU Situbondo dr. Shandy Hendrayono mengatakan tenaga kesehatan yang ada di klinik NU terdiri atas tiga orang dokter umum, tujuh orang bidan dan perawat, serta satu orang petugas elektro medik. Mereka dibantu satu orang sopir, satu petugas kebersihan dan satu orang satpam.

"Ada juga dokter spesialis yang melekat pada Lembaga Kesehatan NU. Ada dokter spesialis, dokter umum, dokter gigi, perawat, gizi, bidan," tuturnya.

Ia mengemukakan di klinik NU terdapat delapan tempat tidur untuk rawat inap, yang terdiri dari kelas 1 dan 3. Sedangkan untuk kelas 2 masih dalam tahap pembangunan.

"Setiap pada sore hari tetap ada dokter. Jadi jangan khawatir soal pelayanan kesehatan," katanya.

Klinik NU Bina Jasmani Situbondo, selain memberikan pelayanan secara medis juga pelayanan tradisional komplementer atau non-medis. Pelayanan komplementer merupakan salah satu kelebihan klinik milik PCNU Situbondo, itu dibandingkan dengan klinik pada umumnya. 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021