DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya mendirikan posko gotong royong di setiap kecamatan guna menampung bantuan dari para kader partai untuk penanganan COVID-19.

Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono di Surabaya, Senin, mengatakan posko tersebut menampung bantuan berupa kebutuhan pokok dari hasil gotong royong para kader partai untuk disalurkan kepada warga perkampungan yang membutuhkan.

"Kader-kader PDIP sendiri yang menyalurkan bantuan makanan maupun beras kepada warga," kata Adi. 

Wakil Ketua DPC PDIP Kota Surabaya Khusnul Khotimah menambahkan kader PDIP di posko gotong royong itu bergerak dari rumah ke rumah untuk mengantarkan makanan maupun paket beras kepada warga.

"Seperti posko di Pabean Cantikan, kami menyalurkan bantuan paket beras kepada keluarga perkampungan dengan mengetuk pintu, dari rumah ke rumah," ujarnya .

Meski demikian, pembagian paket beras tersebut dilakukan dengan menaati dan disiplin pada protokol kesehatan.

"Harus memakai masker, bergerak dari rumah ke rumah sehingga tidak menciptakan kerumunan. Harus mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitazer," ujar Khusnul.

Wakil Sekretaris DPC PDIP Kota Surabaya Achmad Hidayat mengatakan, pembagian bantuan makanan juga dilakukan para kader di posko di Kecamatan Krembangan. Mereka membagikan nasi kotak untuk keluarga yang terdampak pandemi COVID-19. 

Achmad mengatakan data keluarga yang menjalani isolasi mandiri (isoman) diperoleh dari informasi para kader dan pengurus PDIP, perangkat RT/RW maupun dari laman lawancovid-19.go.id.

Selain itu, pembagian permakanan itu juga dilakukan dengan memberdayakan pelaku-pelaku UMKM. Kader-kader PDIP memesan nasi kotak dari UMKM, dan membagikan dalam bentuk makanan jadi kepada warga.

"Kami tidak membuka dapur umum, tetapi memesan nasi kotak dari pelaku UMKM. Kami berdayakan pelaku usaha kecil dan mikro," kata Ketua PAC PDIP Kecamatan Sambikerep, Syahroni.

Sedangkan di Kecamatan Rungkut, pendirian posko gotong royong disambut antusias oleh kader-kader PDIP. Dari posko, mereka bergerak membagikan bahan permakanan kepada warga yang membutuhkan.

"Semangat kawan-kawan luar biasa. Di tengah situasi sulit akibat  pandemi COVID-19, para kader memilih bergerak, dengan standar protokol kesehatan. Tidak berdiam diri," kata Ketua PAC PDIP Rungkut Andhy Puryanto. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021