Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra, Bambang Haryo Soekartono (BHS) membagikan sembako kepada warga yang sedang melakukan isolasi mandiri (isoman) di Desa Candinegoro, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo.

Mantan anggota DPR RI periode 2014-2019 ini juga melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah warga, sekaligus sebagai ajang untuk menyapa warga.

"Kegiatan ini digelar setelah tim kami mendapat informasi ada sekitar 30 warga yang terpapar COVID-19. Saat ini empat di antaranya masih menjalani isoman," katanya di sela kegiatan, Sabtu.

Saat penyemprotan disinfektan di Desa Candinegoro ini juga di dampingi sejumlah petinggi PT Dharma Lautan Utama (DLU) untuk menyambangi warga isoman sekaligus memberi bantuan sembako dan obat-obatan herbal anti COVID-19.

"Harapan kami sembako ini bisa membantu warga yang isoman," ujar BHS sapaan akrabnya.

BHS menjelaskan untuk obat-obatan  herbal yang diramu sendiri ini diharapkan bisa mempercepat kesembuhan warga yang tengah menjalani isoman.

"Obat herbal terdiri degan hijau dan daun sirih yang direbus ditambahi kapsul berisi gongsongan cacing  tanah," tukasnya.

Ia mengingatkan agar warga yang menjalani isoman meminta Pemkab Sidoarjo agar ikut mendorong warganya untuk bersikap terbuka saat menjalani isoman. Di antaranya dengan memasang informasi yang ditempelkan di depan rumah.

Informasi itu berisi daftar kebutuhan warga yang sedang isoman, mulai kebutuhan obat-obatan, tabung oksigen hingga bahan kebutuhan pokok.

"Sekarang ini kami membantu pemerintah daerah dan masyarakat Sidoarjo agar terhindar dari COVID-19. Kami pun berupaya membantu warga yang isoman agar warga sehat," katanya.

Ia mengatakan, saat ini ada sekitar 15.000 industri menengah dan atas di Kota Delta yang bisa digandeng dalam penanganan COVID-19. Mereka bisa diajak berpartisipasi membantu percepatan penanganan COVID-19 di Kota Delta.

Bentuknya bisa beragam, kata dia, mulai penyemprotan disinfektan, membagi sembako, membagi masker, hingga himbauan taat protokol kesehatan (prokes).
 
"Selama ini warga merespon baik baksos penyemprotan disinfektan itu. Kami pun berharap upaya itu bisa membantu menurunkan jumlah warga yang terpapar COVID-19 di Sidoarjo," tukasnya.

Sedangkan Direktur Utama (Dirut) PT DLU, Erwin H Poedjono yang ikut baksos di Desa Candinegoro, mengaku pihaknya rutin melakukan sejumlah kegiatan CSR. Alasannya, dalam situasi pandemi COVID-19, pihaknya bersama dengan penasehat PT DLU, BHS sering melakukan Baksos di Desa Candinegoro, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo.

"Upaya kami ini juga dalam rangka ikhtiar ikut meringankan beban yang dialami warga akibat pandemi Covid-19. Termasuk warga yang isoman. Mungkin bantuan yang kami berikan tidak seberapa banyak. Tapi kami berharap sedikit ini, ikut meringankan beban warga," papar Erwin.

Sementara Plt Kepala Desa (Kades) Candinegoro, Sukardi mengucapkan terima kasih atas kepedulian BHS, khususnya berupa sembako untuk warga yang isoman.

Pihaknya berharap bantuan sembako, obat herbal dan penyemprotan itu, bisa menambah semangat bagi warga yang isoman sehingga cepat sehat.

"Dengan penyemprotan disinfektan ini kami berharap bisa mengurangi penyebaran COVID-19 di Candinegoro dan secara umum di Sidoarjo," ujarnya.

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021