Pemerintah Kota Kediri, Jawa Timur, memastikan beras untuk bantuan warga terdampak COVID-19 kualitasnya bagus dan layak dikonsumsi, karena selalu di cek kondisi barang sebelum dikirimkan.

Kepala Dinas Sosial Kota Kediri Triyono Kutut mengemukakan beras 5 kilogram dari Kementerian Sosial ini dikirimkan dari Bojonegoro dengan kualitas baik. Bahkan, beras tersebut juga diambil dari petani.

"Kami cek beras yang ada di Dinas Sosial Kediri. Alhamdulillah kualitasnya baik, tidak berkutu dan kuning. Beras ini juga termasuk beras baru panen," kata Kutut di Kediri, Jumat.

Ia menambahkan dengan pemeriksaan tersebut, bantuan beras itu pun lolos untuk didistribusikan kepada 3.000 warga Kota Kediri yang belum mendapat bantuan sosial apapun sesuai usulan kelurahan.

Proses distribusi juga beragam. 300 paket di antaranya didistribusikan pada pengemudi ojek daring.

Pihaknya selalu memastikan kualitas beras yang diberikan kepada warga bagus. Hal itu juga untuk menjaga warga Kota Kediri mendapat beras yang layak. Pemkot tidak ingin kecolongan dengan adanya beras berkualitas tidak bagus dan membuat masyarakat resah.

Kelayakan beras yang diterima juga disampaikan Lurah Ngadirejo, Kota Kediri Ahmad Shofwan.

"Kami ambil dari Kantor Dinsos Kediri dan memang masih bagus dan sangat layak. Senin (9/8) akan kami bagikan ke 103 warga Ngadirejo," kata Shofwan.

Sebelum adanya bantuan beras yang diberikan Kementerian Sosial, Pemkot Kediri telah memberikan bantuan beras beserta kebutuhan pelengkap untuk warga isolasi mandiri. Hingga saat ini, belum ada komplain dari warga mengenai kondisi beras yang dibagikan.

"Dari aduan yang telah masuk di call center kami, selama PPKM ini tidak ada yang mempermasalahkan kualitas beras," kata Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Kediri Herwin Zakiyah.

Ia menambahkan bantuan beras dari berbagai pihak yang masuk melalui 'Batman' pun juga dalam kondisi bagus.

Sampai hari ini, Dinas Sosial Kota Kediri telah memberikan bantuan pada 77.019 penerima, yang terdiri dari bantuan PKH, BNPT, Bansos Tunai, kartu Sahabat, isolasi mandiri, dan Bantuan Beras 5 kilogram dari Kemensos.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2021